fbpx

RATUSAN SANTRI YOGYAKARTA TERPUKAU PEMENTASAN BARONGAN MUSTIKA AMARTA KAMABA

  • Bagikan
BARONGAN MUSTIKA AMARTA
BARONGAN MUSTIKA AMARTA

Yogyakarta– Barongan Blora yang tergabung dalam grup kesenian Mustika Amarta milik Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta turut meriahkan Festival Santri Nusantara dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Lapangan Ali Maksum Komplek Ponpes Krapyak.

Penampilan Barongan Blora pada malam puncak HSN dikemas dalam bentuk teater yang disutradarai Mathori Brilly. Pada kesempatan ini, Barongan Blora Mustika Amarta berkolaborasi dengan beberapa komunitas di Jogja seperti Sanggar Nuun, Silat NU Pagar Nusa, Sanggar LARe Ndesa, dan Kebun Makna Picture menyajikan teater dengan judul Heal The World (Do’a, Cinta Yang Tumbuh).

 

BARONGAN MUSTIKA AMARTA
Penampilan Barongan Blora Mustika Amarta pada peringatan Hari Santri Nasional 2018 di lapangan Ali Maksum Ponpes Krapyak, Yogyakarta, Jumat (12/10)

 

“Sesuai dengan tema ‘Merawat Tradisi, Menjaga Indonesia’ pada Hari Santri Nasional 2018 di Jogja ini hadirnya kelima komunitas tersebut dapat mengekspresikan perdamaian dan menumbuhkan cinta pada masing-masing diri lewat seni,” ungkap Brilly, sapaan Mathori Brilly, Jumat (12/10).

Brilly juga mengatakan, kelima komunitas tersebut berkolaborasi mengekspresikan seni teater yang disajikan oleh Silat Pagar Nusa, merupakan produk kebudayaan yang lahir dari kegelisahan pada pertemuan antara KH. Mustofa Bisri dan KH. Suharbillah, untuk membentuk sebuah wadah pencak silat di pondok pesantren yang bernaung di bawah Jam’iyyah Nahdhatul ‘Ulama.

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!