fbpx

RAWAN BENCANA, BNPB FASILITASI BLORA DENGAN PUSDALOPS

  • Bagikan
Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB

Blora – Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan bantuan berupa fasilitas Pusdalops (Pusat Pengandalian Operasi) Bencana, Sabtu (09/09). Diharapkan keberadaan fasilitas senilai 1,5 milyar rupiah ini dapat membantu pengolahan data dalam rangka penanggulangan bencana di Blora.

 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB

 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Blora mengatakan alat ini dapat melakukan banyak hal, diantaranya menerima, mengolah dan mendistribusikan informasi kebencanaan.

“Pusdalops ini akan bermanfaat untuk menerima, mengolah dan mendistribusikan informasi kebencanaan. Yang kedua menerima, mengolah dan meneruskan peringatan dini kepada instansi terkait dan masyarakat tentang kebencanaan. Serta fungsi tanggap darurat sebagai fasilitator pengerahan sumber daya untuk penanganan tanggap darurat bencana secara cepat tepat, efisien dan efektif. Semoga bisa bermanfaat untuk Kabupaten Blora,” terang Sutopo.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu akan diwujudkan tahun ini juga. Bantuan pembangunan Pusdalops seperti ini tidak diberikan secara merata di semua BPBD di daerah. Hanya daerah yang mempunyai prestasi keaktifan penginformasian kebencanaan yang diberikan.

Sri Rahayu, Kepala Pelaksana BPBD Blora menilai bantuan fasilitas Pusdalops dari BNPB tersebut akan sangat berguna. Pasalnya, Blora merupakan daerah rawan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, angin puting beliung dan kebakaran hutan.

Reporter : Fawaidi M / Humas Setda Blora

  • Bagikan