RENCANA PEMBANGUNAN 2021 PEMKAB AKAN FOKUS PEMBANGUNAN JALAN

Blora – Bupati Blora menyampaikan Rencana pembangunan 2021 masih dalam pembahasan bersama. diantaranya, akan fokus pembangunan jalan. Salah satunya rencana pembangunan jalan tembus Blora – Ngawi melalui Randublatung – Getas – Banjarejo (batas Ngawi), guna membuka akses wilayah Blora bagian selatan menuju akses toll Solo – Kertosono. 

 

Kondisi Jalan di Kabupaten Blora

Kondisi Jalan di Kabupaten Blora

 

“Selama ini warga yang ada di bagian selatan (Randublatung, Kedungtuban, Kradenan, dan Jati) ketika ingin ke Ngawi selalu berputar lewat Cepu dulu, terlalu jauh. Jika jalan tembus Randublatung ke Ngawi ini bisa dibangun, alangkah senangnya mereka. Akses menuju pintu toll juga semakin dekat,” ucap Bupati.

Dengan pembangunan jalan tembus ini bupati berharap dapat menumbuhkan ekonomi lebih cepat, mengingat wilayah ini merupakan penghasil komoditas pertanian jagung.

Untuk menumbuhkan ekonomi sekitar pemerintah Blora juga akan membangun pasar dan puskesmas diwilayah getas.

Bupati berharap pembangunan jalan yang akan dilaksanakan di 2021 mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi meliputi

peningkatan jalan Bogorejo-Jambetelu (batas Tuban Jatim), jalan Kunduran-Doplang, jalan Klopoduwur-Ngliron, jalan Ngliron-Kalisari, jalan Pilang-Mendenrejo.

Selanjutnya adalah jalan strategis kabupaten 2021 yang membutuhkan dana APBD sekitar Rp 150 miliar, yakni kelanjutan peningkatan jalan Blora-Randublatung, jalan Jepon-Karang, jalan Kedungtuban-Galuk, jalan Mendenrejo-Ketuwan, jalan Ngraho-Ketuwan, jalan Banjarejo-Karangtalun, jalan Trembulrejo-Sonokidul, jalan Wulung-Klatak, jalan Seso-Jatirejo, jalan Bangkle-Pelem, dan jalan Karangtalun-Ngawen. 

Meskipun dalam situasi pandami bupati berharap proyek nasional yang berada di Blora tetap berjalan termasuk rencama pembangunan jembatan Bengawan solo di Medalem dari Luwihaji Ngraho oleh pemerintah kabupaten Bojonegoro tahun ini.

“Saat ini di Kabupaten Blora juga ada beberapa proyek nasional yang butuh dukungan pemerintah daerah. Diantaranya pembangunan Bendung Randugunting di Kecamatan Japah (sedang berjalan). Kemudian pembangunan double track jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya yang akan melintasi Kabupaten Blora (sedang tahap sosialisasi). Ada juga pembangunan  Bendung Gerak Karangnongko di Sungai Bengawan Solo Kecamatan Kradenan. Selanjutnya adalah kelanjutan proyek pembangunan Bandara Ngloram,” sebut Bupati. 

Pemkab Blora menilai keberadaan jalan nasional Rembang – Cepu – Blora yang telah berjalan selama tiga tahun berhasil mendorong laju ekonomi sehingga pemkab  berencana menyiapkan penyediaan terminal angkutan barang dan Kawasan Peruntukan Industri.

Ditengah wabah covid 19 pemerintah kabupaten Blora melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 secara virtual melalui video conference (vicon)(08/04). 

Musyawarah di ikuti Bupati Blora Djoko Nugroho beserta wakilnya H. Arief Rohman, Jajaran Forkopimda,Sekda dan kepala bapeda, Video confren di berpusat di Pendopo Bupati Blora, sementara peserta bertempat di beberapa tempat Gedung DPRD Blora, di ikuti anggota Dewan, tokoh masyarakat, akademisi. Sedangkan peserta lain di kecamatan eks kawedanan dan seluruh kantor OPD. (Jyk)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan