fbpx

REST AREA FUNGSIONAL PEMPROV JATENG DILENGKAPI SPKLU

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Semarang, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membangun rest area fungsional di ruas Tol Semarang-Solo untuk memperlancar arus mudik dan balik lebaran 2023.

Rest area fungsional ini berada di KM 444b tepatnya di ruas tol antara Bawen dan Salatiga. Rest area tersebut masih dalam proses pembangunan, namun difungsikan sementara untuk melayani pemudik.

“Jadi saya di rest area Km 444b di tol antara Bawen-Salatiga. Ini adalah rest area dari Pemprov Jateng yang sifatnya fungsional, belum selesai,” kata Ganjar di lokasi, Rabu (19/4/2023).

Ganjar menyebutkan, berbagai fasilitas penunjang yang ada di rest area ini. Mulai dari tempat jualan UMKM, layanan terapi modern, layanan kesehatan, hingga mushola.

Di rest area 444b juga tersedia toilet umum, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Jadi kalau capek bisa mampir. Ada SPKLU juga di sini. Jadi kalau yang pakai mobil listrik ini bisa istirahat sambil ngecas,” tandas Ganjar.

Selain fasilitasnya yang lengkap, Ganjar menyebut pemandangan di rest area ini sangat cocok dinikmati para pemudik saat lelah perjalanan. Pasalnya, ada panorama Gunung Ungaran yang menyejukkan mata.

“Tempatnya enak, pemandangannya bagus, ke kiri bisa melihat gunung ungaran, kalau ke kanan bisa melihat pohon durian. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, masyarakat yang mudik kalau capek bisa istirahat di sini,” kata Ganjar.

Setelah arus mudik dan balik selesai, Ganjar menyebut Pemprov Jateng akan membangun tempat istirahat terpadu permanen di titik yang sama dengan luas lahan total tujuh hektare.

“Diteruskan (fungsinya setelah masa mudik) karena kami sudah mendapat alokasi daerah ini. Termasuk seluruh izin-izinya jadi mau dijadikan rest area beneran,” kata Ganjar.

Berdasarkan pantauan di Jalan Tol Semarang-Solo, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati jalur A pada arus mudik Lebaran 2023. Sementara, arus kendaraan pada ruas jalur B masih tampak lengang. (Kin)