fbpx

RINCIAN KASUS NARKOBA DI BLORA 2024, DIDOMINASI OBAT-OBATAN TERLARANG

Blora, BLORANEWS – Menjelang Peringatan Hari Narkoba Internasional (HANI) tahun 2024, Satuan Reserse Narkoba Polres Blora membeberkan rincian kasus narkoba yang terjadi di Blora kurun waktu setengah tahun ini.

Dijelaskan Kasatresnarkoba Polres Blora AKP Edi Santosa, kasus narkoba yang terjadi di Blora tahun 2024 relatif mengalami penurunan jika dibanding tahun lalu. Adapun yang dominan di konsumsi ialah narkoba jenis obat-obatan terlarang.

“Kasus Narkotika di Blora cenderung rendah, hampir tidak ada kasus, dengan rincian di 2023 ada 15 Kasus dengan total 20 orang, sedangkan di tahun 2024 ini ada 13 Kasus dengan total tersangka 16 orang. Yang mendominasi adalah Obat-obatan terlarang, karena memang akses mendapatkannya sangat mudah,” ucapnya.

Kasatresnarkoba Polres Blora juga mengatakan bahwa anak muda di Blora lebih rentan mengonsumsi obat-obatan terlarang dibanding mengonsumsi jenis narkoba lainnya.

“Sosialisasi ke Sekolah-sekolah kita rutin lakukan apalagi momen ini menjelang peserta didik baru masuk ke sekolah untuk mengikuti MPLS di sekolah mereka, BAIK diminta ataupun TIDAK, kita tetap akan memberikan penyuluhan karena itu sudah kewajiban kami,” imbuhnya.

Karenanya, Polres Blora mengimbau kepada para remaja dan orang tua yang punya anak usia remaja, untuk sama-sama mencegah penyalahgunaan narkoba dan mengawasi pergaulan anak.

“Kebiasaan dan aktivitas anak ini harus diperhatikan, dan sampaikan kepada anak untuk mengisi waktu luang dengan aktivitas yang lebih bermanfaat seperti kegiatan ekstra sekolah atau kegiatan positif yang lainnya,” pungkasnya. (Dj)