fbpx

SAKRAL! UPACARA HASTA PORA PERNIKAHAN ALA BANSER BLORA

Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Blora melaksanakan Upacara Hasta Pora Pernikahan di Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Atas kedua mempelai yaitu Saiful Huda dan Faizatul Maghfiroh. 
Prosesi Upacara Hasta Pora Pernikahan.

Jepon, BLORANEWS – Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Blora melaksanakan Upacara Hasta Pora Pernikahan di Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Atas kedua mempelai yaitu Saiful Huda dan Faizatul Maghfiroh. 

Pasukan dikomando oleh Muslim, sedangkan Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Ketua Satkorcab Banser Blora, Muhtarom. Upacara yang sakral tersebut berlangsung di kediaman mempelai pria, Desa Balong, Jepon, Blora. 

BACA JUGA :  LANTIK ANSOR, BUPATI HARAP MAMPU BERDAYA SAING DAN TRANSFORMATIF

“Tanggung jawab sahabat Saiful bertambah, bukan hanya di organisasi ansor banser, tapi juga dengan istri dan keluarga. Kami tidak bisa memberikan apa-apa. Melalui upacara Hasta Pora pernikahan inilah cara kami menghormati beliau,” tegas Inspektur Muhtarom saat memberikan amanah, Minggu (5/6). 

Pihaknya menerangkan, Hasta Pora adalah sebuah upacara yang digelar oleh kesatuan Banser dalam rangka mengantarkan personil Banser untuk melepas masa lajang menuju gerbang mahligai rumah tangga. Hasta Pora juga merupakan ajang menerima mempelai putri menjadi bagian keluarga besar Ansor dan Banser.

BACA JUGA :  RUMAH REYOT MILIK NENEK 5 CUCU DIREHAB TOTAL MATAN

“Tim Hasta Pora adalah tim yang terdiri dari pasukan Banser yang sudah terlatih secara keorganisasian, mereka sudah lulus dari berbagai pendidikan dan latihan Banser,” terangnya. 

Upacara juga dilaksanakan penyematan atribut oleh Inspektur Upacara. Setelah upacara Hasta Pora selesai, kemudian dilanjutkan serah terima pengantin yang dilakukan oleh kedua pihak keluarga mempelai sesuai dengan tradisi setempat. (Jam). 

BACA JUGA :  240 PERSONEL BANSER, SIAGA DUKUNG PENGAMANAN NATARU