fbpx

SAMBANGI GANJAR, DUBES AUSTRIA BUKA KEMUNGKINAN KERJASAMA SEKOLAH VOKASI

SAMBANGI GANJAR, DUBES AUSTRIA BUKA KEMUNGKINAN KERJASAMA SEKOLAH VOKASI
Gubernur Jateng saat temui Dubes Austria

Semarang- Duta Besar Austria untuk Indonesia, Johannes Peterlik bahas kemungkinan kerjasama sekolah vokasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di ruang kerjanya hari ini, Senin (14/06).

“Saya berdiskusi dengan Gubernur kemungkinan kerjasama di bidang sekolah vokasi. Dimana banyak perusahaan Austria berkecimpung di bidang pelatihan sekolah vokasi dan kami menawarkan itu ke Pemprov Jateng,” ungkap Johannes.

Tak hanya di bidang pendidikan, Johannes juga membahas potensi kerjasama lainnya yakni dalam bidang seni dan pertukaran seniman dari dua negara tersebut. Dirinya berharap kerjasama tersebut bisa segera terealisasi dalam waktu dekat ini.

“Kami juga membahas potensi kerjasama produk UMKM. Kami punya beberapa perdagangan yang berjalan dalam skala industri UMKM. Produknya akan diproduksi di Jawa Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar menyambut baik kunjungan Dubes Austria tersebut. Ia berharap, ada kerjasama antara Austria dengan Jawa Tengah dalam bidang pendidikan, khususnya sekolah vokasi.

“Kami berterimakasih atas kunjungan ini, karena kerjasama ini bisa berpengaruh pada peningkatan ekonomi. Saya senang, ada beberapa sektor kerjasama yang sudah terjalin, yakni pendidikan, UMKM dan lainnya. Di sektor pendidikan ini, kami ingin kerjasama terkait sekolah vokasi dengan Austria,” harap Ganjar.

Dikatakan Ganjar, saat ini pihaknya memang tengah menggenjot Sekolah Vokasi di Jawa Tengah guna mempersiapkan skill tenaga kerja di wilayah Jawa Tengah.

“Dalam waktu dekat, bisa saja kami kirim beberapa guru ke Austria untuk belajar tentang sekolah vokasi di sana. Atau dari Austria kita undang ke sini untuk memberikan pengetahuan pada guru-guru kita. Nantinya, guru-guru itu bisa tukar pengalaman dengan lainnya dan kita buat modelling untuk itu,” tandasnya. (Jyk)