fbpx

SANTRI MADIN DARUL ULUM KARANGREJO DESA JATI JALANI TES SEMESTER GANJIL

  • Bagikan
Suasana tes semester ganjil di Madrasah Diniyah Darul Ulum Dukuh Karangrejo Desa Jati, Sabtu (02/12).

Jati – Puluhan santri Madrasah Diniyah Darul Ulum Dukuh Karangrejo Desa Jati menjalani tes semester ganjil, Sabtu (02/12). Sebanyak tujuh mata pelajaran diujikan dalam tes yang dimulai hari ini (02/12) dan selesai hari Sabtu (09/12) minggu depan.

 

Suasana tes semester ganjil di Madrasah Diniyah Darul Ulum Dukuh Karangrejo Desa Jati, Sabtu (02/12).

 

“Jumlah mata pelajaran yang diujikan ada tujuh, meliputi Akhlaq, Tajwid, Al Qur’an, Fiqh, Hadits, Ke-NU-an, Nahwu dan Tasrif. Satu hari satu pelajaran, selesainya hari Sabtu depan,” jelas Pengasuh Madrasah Darul Ulum Karangrejo Kyai Minardi usai tes hari pertama sore tadi.

Madrasah Diniyah Darul Ulum Karangrejo memulai kegiatan belajar mengajar pukul 15.00 WIB dan selesai pukul 17.30 WIB. Seperti Madrasah Diniyah lain di Blora, hari Jumat merupakan hari libur kegiatan belajar mengajar.

Para santri di madrasah ini, terdiri dari siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Untuk siswa SMA / sederajat, biasanya telah bertugas sebagai pengajar atau asisten pengajar.

Menurut Kyai Minardi, yang membedakan antara sekolah formal dan madrasah adalah penekanan disiplin ilmu yang berbeda. Sekolah formal mengajarkan sains dan ilmu pasti (eksak) lainnya, sedangkan madrasah menekankan pada akhlak dan ilmu keislaman.

“Maka, saya menghimbau kepada masyarakat agar memasukkan putra-putrinya ke madrasah. Dengan belajar di madrasah, anak-anak kita akan belajar ilmu agama dan akhlak, sehingga menjadi anak yang birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua),” pungkasnya.

Reporter : Joko Priyanto

  • Bagikan