fbpx

SAPUTRA AUDIO, KREATOR BOX AUDIO CUSTOM DARI KAYU JATI YANG TEMBUS AUSTRALIA

  • Bagikan
SAPUTRA AUDIO, KREATOR BOX AUDIO CUSTOM DARI KAYU JATI YANG TEMBUS AUSTRALIA
Karya Saputra audio yang diaplikasikan pada mobil.

Blora – Selain berfungsi melindungi bagian permukaan serta komponen speaker, Box speaker juga berperan dalam mengatur suara dari diafragma. Box akan mencegah adanya percampuran suara dari diafragma bagian depan dan belakang speaker. Untuk itulah mengapa sangat penting menentukan box untuk speaker yang berkualitas. 

Biasanya box dipilih dari bahan yang mampu untuk meredam suara, mudah dipotong serta memiliki kekuatan, seperti papan partikel mentah, MDF, triplek, dan Veneer particle board. 

Siapa sangka ditangan Lulus Widodo, kayu Jati Blora digunakan untuk Box speaker. Bukan hanya untuk box speaker rumahan, Lulus juga menggunakan bahan kayu jati untuk Costum sistem audio mobil.

Di rumah sekaligus Galeri yang berada di Gang Jalan Cendana, Kelurahan Beran, Kecamatan Blora, sepintas orang akan menganggap galery tersebut merupakan galery handycraft biasa, pasalnya di galeri tersebut tampak bulatan kecil tampak seperti mangkuk berjejer rapi.

“Kayu ini menjadi box untuk speaker yang sudah saya siapkan kalau memang nanti ada pesanan, jadi tinggal ngerakit,’’ jelas Lulus Widodo Saputra, 45, pemilik brand Saputra audio ini.

Menurutnya, box kecil bulat diperuntukan speaker mobil (housing) yang terpasang untuk pada pilar mobil.

‘’Ini semua audio untuk mobil, ada juga yang untuk rumahan yang bentuknya kotak kecil, seperti ini (Sambil menunjuk box speaker kotak kecil, Red) pesanan, saya membuat juga tergantung pesanan’’ ujarnya.

Berawal dari sebuah Even pameran audio IHEAC Jakarta yang diselenggarakan oleh Foss Audio Institute pada 29 November 2018, kini lulus mulai serius menggeluti usaha pembuatan sekaligus aplikasi custom audio system.

 

SAPUTRA AUDIO, KREATOR BOX AUDIO CUSTOM DARI KAYU JATI YANG TEMBUS AUSTRALIA
Lulus Widodo, Kreator Box speaker kayu jati.

Pada event tersebut, karya lulus keluar sebagai juara satu, dengan mengikutkan karya box speaker berukuran 40 x 60 centimeter berbahan kayu jati utuh tanpa sambungan.

Kini karya tersebut terpampang di galerinya lengkap dengan piala bertuliskan “Champion make your own speaker”.

“itu event tahunan bagi penggiat speaker secara nasional tahunan, waktu itu juga ada peserta dari Malaysia,’’ ujarnya.

Tak pelak setiap yang datang di galerinya pandangan akan tertuju ke speaker tersebut.

“Setiap ada orang kesini ini pasti ditawar, tapi saya tidak mau,” ungkapnya.

Selain ingin memperkenalkan Blora, kemenangan dalam event tersebut sebagai pembuktian bahwa box dari kayu jati selain unik juga bisa menghasilkan suara speaker yang suaranya sangat bagus. 

“Jadi sekarang komunitas speaker itu kalau melihat box kayu jati yang pasti sudah tahu itu karya saya,’’ imbuhnya.

Kini produk box berbahan kayu jati tersebut banyak diminta penikmat musik dari berbagai penjuru kota di indonesia, bahkan mancanegara seperti malaysia dan australia.

“Ini Cuma saya jual melalui facebook, tidak saya jual di toko online karena untuk pembuatannya harus konsultasi dengan pembuatnya biar sesuai pesanan,” imbuhnya.

Selain menjual secara online, Lulus juga menerima jasa instalasi speaker.

“Jadi kalau ada yang ingin dipasangkan biasanya mobilnya ditinggal disini dan saya taruh di garasi,” tutupnya. (Red)

  • Bagikan