fbpx

SEDAPNYA TUMIS UNGKER DAN DAUN KEDONDONG

  • Bagikan
Sajian tumis ungker (sumber:cookpad.com)
Sajian tumis ungker (sumber: cookpad.com)

Blora- Kepompong ulat daun jati, yang oleh masyarakat Blora lebih dikenal dengan sebutan Ungker, biasa dimasak dengan cara ditumis. Cita rasa gurih dan sedap akan semakin nikmat, jika olahan tersebut ditambah daun kedondong yang menimbulkan sensasi asam segar.

 

Sajian tumis ungker (sumber:cookpad.com)
Sajian tumis ungker (sumber: cookpad.com)

 

Warganet bernama Indah Murni, berbagi resep Tumis Ungker Daun Kedondong melalui laman Cookpad.com/id. Untuk mengolah sajian tersebut terbilang cukup mudah, dengan bahan dapur yang telah tersedia, Kamis (21/11).

Bahan yang dibutuhkan meliputi, satu gelas kecil ungker, 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, cabai rawit sesuai selera, tomat, dan bisa juga ditambah potongan mangga muda yang belakangan ini mudah diperoleh.

Cara memasaknya pun cukup mudah, dimulai dengan cuci bersih ungker, dan cincang seluruh bumbu tersebut. Kemudian, panaskan sedikit minyak goreng dan setelah panas, ungker dimasukkan ke dalam wajan.

Hanya dibutuhkan sedikit minyak goreng karena saat dipanaskan ungker akan mengeluarkan minyak yang ada di dalamnya. Kemudian, masukkan bumbu cincang, dan diaduk sampai berubah warna menjadi coklat keemasan.

Setelah itu, masukkan potongan mangga muda, gula dan garam kemudian diaduk hingga merata. Setelah matang, tiriskan dalam piring dan sajikan dengan nasi hangat. Meski terdengar cukup lezat, disarankan untuk tidak mengkonsumsi ungker secara berlebihan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto mengatakan, selain lezat, ungker juga diyakini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, untuk anak-anak dan ibu hamil disarankan menghindari mengkonsumsi ungker.

“Untuk ibu hamil dan anak-anak, sebaiknya jangan mengkonsumsi ungker. Dikhawatirkan, akan alergi. Dan disarankan, bagi penyuka kuliner ini untuk tidak makan secara berlebihan,” sarannya. (jyk)

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!