SELAIN LEBIH EFEKTIF, BELAJAR KELOMPOK JUGA BIKIN KITA LEBIH DEWASA

Belajar kelompok dipercaya menjadi salah satu cara efektif untuk memahami suatu materi keilmuan. Di sisi lain, ada banyak manfaat dari belajar kelompok yang mungkin jarang diperhatikan. Salah satunya, dengan belajar kelompok kita jadi semakin dewasa.

 

Kenza Viorel Deavisca mahasiswa UMM

Kenza Viorel Deavisca

 

Sejauh pengalaman penulis, situasi belajar kelompok adalah seperti ini. Pertama kali, pasti akan muncul di pikiran kita adalah kalimat-kalimat seperti ini: Jadi, kita dibagi menjadi berapa kelompok, atau kalimat seperti ini: untuk materi ini kita presentasi kelompok.

Respon terhadap kalimat-kalimat di atas bisa ditebak, kurang lebih seperti ini:  yes, asik, tenang, gampang, dan masih banyak lainnya. Respon ini menyiratkan betapa mengerjakan tugas secara kelompok cukup diminati, setidaknya seperti pengalaman penulis.

Menurut penulis, tugas berkelompok sebenarnya hampir sama dengan tugas mandiri. Hanya saja, jika berkelompok, tugas yang kita jalani akan terasa lebih mudah dan ringan. Alasannya, dalam suatu materi terdapat poin-poin atau garis besar dari semua materi yang ada.

Nah, biasanya poin-poin tersebut akan dibagi menurut jumlah anggota dalam kelompok. Itu merupakan langkah awal agar setiap individu memiliki tanggungjawab masing-masing dalam menyelesaikan tugas berkelompok.

Cara yang paling efektif adalah dengan membagi tugas dari poin-poin materi yang akan dibahas kepada setiap anggota kelompok sehingga semua dapat bekerja sama secara sportif dan adil sehingga menjadikan kelompok yang solid.

 

Belajar Kelompok Melatih Kedewasaan

Manfaat dari tugas berkelompok atau belajar berkelompok salah satunya melatih kedewasaan. Misalnya dapat menjalin kerja sama yang baik, dapat berinteraksi dengan baik, dapat menahan ego dari setiap individu.

Selain itu, belajar kelompok juga melatih kita untuk menghargai pendapat orang lain, belajar memilah bahasa yang baik agar tidak menyinggung orang lain, mau menerima kekurangan orang lain, dan saling bertukar ide.

Sehingga wawasan kita akan semakin luas dengan melihat beberapa sudut pandang dari orang lain. Karena, pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Jadi, berkelompok adalah cara yang efektif untuk mengerjakan tugas-tugas yang akan membuat terasa lebih ringan serta menjadikan kita lebih dewasa.

 

Tentang Penulis: Kenza Viorel Deavisca adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan