fbpx

SELAMA RAMADHAN SUPLAI PANGAN DI JATENG AMAN

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan suplai pangan aman selama Ramadan 1444 H. Ganjar juga berharap masyarakat bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Surakarta, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan suplai pangan aman selama Ramadan 1444 H. Ganjar juga berharap masyarakat bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik.

Hal itu disampaikan Ganjar usai meresmikan gedung baru Be Hati Skin Klinik milik Dr. Khoirul Hadi SpKK di kawasan Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (22/3/2023). Ganjar mengaku belum menyiapkan kegiatan khusus selama Ramadan nanti.

Seperti diketahui, Ganjar setiap Ramadan tetap rutin menyapa warga. Seperti saat awal masa Pandemi Covid-19, Ganjar ngabuburit sambil gowes dan menyambangi sejumlah ponpes hingga panti asuhan.

Sedangkan pada 2022 kemarin, Ganjar berkeliling ke kabupaten kota menyerahkan bantuan program RTLH dengan menggandeng Baznas Jateng.

“Yang pasti tarawih pertama dan tentu saja mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa merayakan dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Ganjar, pada Selasa (21/3/2023) kemarin jajarannya di Tim Pengendali Inflasi Daerah sudah melakukan pantauan harga di sejumlah Ritel dan Pasar Tradisional.

Ganjar mengatakan, pantauan ini dilakukan untuk melihat perkembangan harga-harga di pasaran. Sebab peningkatan kebutuhan secara otomatis memengaruhi meningkatnya harga komoditas.

“Maka kami minta untuk memastikan suplainya cukup, harganya bisa stabil,” katanya.

Terlepas dari itu, Ganjar mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadan kepada seluruh umat muslim.

“Seluruh masyarakat muslim saya menyampaikan selamat menjalankan ibadah Ramadan, mudah-mudahan puasanya bisa lancar semuanya,” tuturnya.

Selain itu Ganjar juga mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu. Ganjar mengatakan, suasana hari-hari belakang terasa begitu religius dengan keindonesiaan yang kental.

“Hari ini juga masyarakat Hindu sedang merayakan Nyepi, Selamat Nyepi yang mudah-mudahan juga bisa menjadi refleksi di antara umat Hindu ya. Jadi suasananya beberapa hari ini sangat religius dalam bingkai keindonesiaan,” tandasnya.

Adapun TPID Jateng menggelar pemantauan harga di dua titik di Kota Semarang, yaitu Pasar Johar dan Superindo Imam Bonjol. Kegiatan tersebut dilakukan pada Selasa (21/3/2023) kemarin untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang masuknya bulan Ramadan.

Hasil pantauan, sejumlah harga mengalami penurunan, antara lain bawang merah Rp27 ribu per kg dari yang sebelumnya Rp30 ribu per kilogram, sementara harga bawang putih kating Rp28 ribu dari yang sebelumnya Rp30 ribu. Untuk harga cabai rawit setan Rp65 ribu dari yang sebelumnya Rp70 ribu per kg. (Kin)