fbpx

SEMARAK HARI SANTRI DI BLORA, PEMUTARAN FILM KOLOSAL SANG KYAI DI MA YASTAMAS CEPU

  • Bagikan
Pemutaran Film Kolosal Sang Kyai di aula MA Yastamas Cepu, Sabtu (21/10).

Cepu – Menyemarakkan pekan Hari Santri Nasional 2017, sejumlah angkatan muda Nahdlatul Ulama Blora menggelar Nobar (Nonton Bareng) Film Kolosal Sang Kyai di sejumlah tempat di Blora. Hari ini (21/10) angkatan muda yang terdiri dari PMII, IPNU dan IPPNU Blora enggelar pemutaran film sejarah perjuangan KH Hasyim Asy’ari di MA Yastamas Cepu.

 

Pemutaran Film Kolosal Sang Kyai di aula MA Yastamas Cepu, Sabtu (21/10).

 

Pemutaran film kolosal ini, diikuti ratusan siswa MA Yastamas Cepu dengan antusias. Meski beberapa kali film kolosal Sang Kyai pernah diputar di sejumlah stasiun televisi swasta, masih banyak dari siswa sekolah itu, yang belum menyaksikannya. Bagi mereka, kesempatan ini merupakan kali pertama mereka menonton film yang bersetting Indonesia di jaman penjajahan jepang tersebut.

Sebelum film kolosal Sang Kyai diputar, panitia memaparkan sinopsis dan memutarkan cuplikan film tersebut. Para siswa di MA Yastamas Cepu, beberapa kali menanyakan pertanyaan tentang latar belakang, tokoh dan beberapa hal lainnya mengenai film yang akan diputar. Tak hanya siswa MA Yastamas, pemutaran film ini diikuti pula oleh para guru dan sejumlah pengurus yayasan Yastamas.

Ketua Yayasan Yastamas Cepu Hambali mengatakan nobar film Sang Kyai sangat penting diselenggarakan. Pasalnya, pemutaran film ini dapat mengingatkan kembali napak tilas para ulama dalam mendirikan NKRI.

“Para siswa harus bangga, karena NKRI didirikan oleh berbagai elemen dan salah satu elemen penting ini adalah para ulama. Maka, setelah ini harus lebih semangat dalam belajar sehingga ke depan mampu meneruskan para ulama dalam menegakkan NKRI,” terang Hambali, Sabtu (21/10).

Terkait pemutaran film selanjutnya, panitia mengatakan akan menyelenggarakan nobar di Pesantren Nurul Huda Jiken dan halaman Masjid Al Badar Ngawen.

“Malam ini di dua tempat, pesantren Nurul Huda dan halaman Masjid Al Badar. Seperti tadi, nanti sebelum pemutaran kita bersama akan menyanyikan Mars Syubbanul Wathon,” ujar Abdul Malik, Panitia Nobar Film Sang Kyai dari PMII Blora.

Ketua Pimpinan Cabang IPNU Blora Mochamad abdul jalil memaparkan kegiatan Nobar film Sang Kiai pada kali ini termasuk rangkaian agenda Hari Santri Nasional 2017 untuk Meneguhkan Kembali Semangat Juang Para Santri Melalui Teladan Para Kiai.

Reporter : Niam Jamil

  • Bagikan