fbpx

SEMARAK ISRO’ MI’ROJ DI PESANTREN DOPLANG DARUSSALAM

  • Bagikan
SEMARAK ISRO' MI'ROJ DI PESANTREN DOPLANG DARUSSALAM
Pengasuh Pesantren Doplang Darussalam, K. Mukhtar Achmadi

Blora- Gemuruh sholawat menggema di Pesantren Doplang Darussalam, Desa Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora Jawa Tengah, Senin (15/03/2021) pagi. Puluhan santri dan warga setempat berkumpul di halaman pesantren untuk memperingati Isro’ Mi’roj 1442 H tahun ini.

 

SEMARAK ISRO' MI'ROJ DI PESANTREN DOPLANG DARUSSALAM
Pengasuh Pesantren Doplang Darussalam, K. Mukhtar Achmadi.

 

Pengasuh Pesantren Doplang Darussalam, K. Mukhtar Achmadi menyampaikan peringatan ini merupakan tradisi tahunan di pesantren berjuluk Bumi Santri tersebut. Dalam sepekan ini, sejumlah acara telah digelar dan berpuncak pada hari ini.

“Tahtiman Al Qur’an bin Nadhar, berkirim doa untuk para arwah yang telah meninggal, dan hari ini pengajian diakhiri dengan santunan kepada kaum dhuafa,” terangnya dalam sambutan pembukaan.

Pesantren Doplang Darussalam berada dibawah Yayasan Darussalam Trisuci yang telah berkiprah di bidang pendidikan Islam sejak 2018. Selain pesantren, Yayasan Darussalam Trisuci juga membina sejumlah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) di beberapa kawasan terpencil di Kecamatan Jati, diantaranya di Dusun Alasmalang Desa Pengkoljagong, Dusun Trembes Desa Doplang, Dusun Ngembag Desa Gabusan. Dalam waktu dekat, akan membina TPQ di wilayah terselatan Kecamatan Jati, yakni di Desa Bangkleyan.

Selain membina TPQ, Yayasan Darussalam Trisuci juga mengelola lembaga pendidikan formal yakni Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif NU Doplang yang merupakan satu-satunya sekolah berbasis pesantren di Kecamatan Jati. Meski belum lama berdiri, MA Ma’arif NU Doplang telah menorehkan banyak prestasi.

Tak cukup itu, Yayasan ini juga membina banyak majelis taklim dan jamaah pengajian di banyak desa di kecamatan setempat. Lembaga-lembaga dibawah naungan Yayasan kerap bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhammad Cepu yang sedang bertugas di desa ini.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) STAI Al Muhammad Cepu, Karjo S.Pd.I M M.Pd mengaku pihaknya justru mendorong para mahasiswa KKN untuk terlibat dan berperan aktif dalam menyukseskan agenda pesantren ini. Menurutnya, hal ini adalah wujud nyata karya mahasiswa KKN di desa penugasan.

“Peringatan Isro’ Mi’roj merupakan tradisi Islam yang telah berkembang di nusantara dan merupakan khazanah kekayaan budaya kita yang harus terus kita lestarikan. Peran generasi milenial, dalam hal ini para mahasiswa KKN, sangatlah penting. Maka, kita ingin mereka mengambil peran dalam acara ini,” ujarnya.

Peringatan Isro’ Mi’roj di Pesantren Doplang Darussalam ini dimeriahkan dengan penampilan grup hadrah Ar Rohmah dari Balongkal, serta penyerahan santunan kepada puluhan santri TPQ. Santunan berupa bingkisan dan baju muslim tersebut merupakan kerja sama antara pihak pesantren dengan lembaga Bersamakita.id yang bergerak di bidang sosial. (Shl)

  • Bagikan