fbpx

SEMARAK KEMERDEKAAN DI BLORA : PAWAI BARONGAN DI DOPLANG

  • Bagikan
BARONGAN JATI BLORA
kemeriahan pawai barongan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi ke-71 di Doplang Kecamatan Jati

Jati- Kemeriahan dalam rangka menyambut HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-71 tidak hanya di kota, tetapi juga di berbagai desa di Blora. Salah satunya adalah keramaian di desa Doplang Kecamatan Jati pagi ini.

Belasan kelompok barongan dari berbagai desa di kecamatan Jati berkumpul di Lapangan Garuda desa Doplang Kecamatan Jati. Tidak ada instruksi dalam pawai ini, seluruh kelompok barongan tersebut hadir untuk meramaikan peringatan kemerdekaan.

BARONGAN JATI BLORA
kemeriahan pawai barongan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi ke-71 di Doplang Kecamatan Jati

Kelompok barongan ini datang dari desa-desa yang cukup jauh dari pusat peringatan kemerdekaan RI di Kecamatan Jati. Mereka datang dari daerah Karangrejo, Glonggong, Balungkal dan daerah lainnya. Pawai yang diselenggarakan kelompok-kelompok barongan ini tidak mengganggu jalannya upacara kemerdekaan.

Ketika upacara dimulai barongan-barongan ini bersikap hormat dan tidak membunyikan gamelan yang memang telah dipersiapkan dari rumah. Setelah upacara selesai, barongan pun mulai berpawai dari Lapangan Garuda sampai perempatan Doplang.

Pawai barongan ini cukup menarik perhatian masyarakat luas. Masyarakat Doplang banyak yang berdatangan untuk menyaksikan pawai barongan ini. Salah seorang pengunjung pawai, Lilik Septian salah satu penonton pawai mengaku bahwa barongan dalam peringatan kemerdekaan ini selalu tertib namun tetap meriah, pawai seperti ini rutin diselenggarakan setiap peringatan kemerdekaan tiap tahun.

“ Barongan di Doplang sangat tertib. Begitu upacara kemerdekaan dimulai seluruh gamelan berhenti berbunyi dan bersama-sama menyaksikan upacara bendera dengan khidmat. Pawai ini setiap tahun, selain untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan pawai barongan ini juga menunjukkan bahwa Barongan belum punah di kabupaten kita.” Tutur Lilik ditengah-tengah acara pawai barongan [.]

Reporter          : Sahal Makmur

Foto                 : Az Zulfa

BACA JUGA :

SEMARAK KEMERDEKAAN DI BLORA : MERIAHNYA LOMBA VOLI DI DESA SENDANG

banner 120x500
  • Bagikan