fbpx

SEMARAK, PAGELARAN BARONGAN MERIAHKAN SEDEKAH BUMI KAUMAN

Sedekah bumi kauman
Panggung hiburan dalam rangka sedekah bumi Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora

Blora- Perayaan tahunan Sedekah Bumi di Kelurahan Kauman Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora berlangsung meriah. Dimulai dengan doa bersama di Makam Sunan Pojok, perayaan ditutup dengan panggung hiburan yang menampilkan seni khas Blora, Barongan.

 

Sedekah bumi kauman
Panggung hiburan dalam rangka sedekah bumi Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora

 

“Kemarin (Kamis) kita telah menyelenggarakan doa bersama. Siang tadi, berlangsung kirab hasil bumi dan malam ini, kita akan menyaksikan pagelaran Barongan,” kata Lurah Kauman, Marthin Ukie Andhana, Jumat (12/07).

Benar saja, pagelaran barongan merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu warga Kauman, pada puncak acara yang dihelat di Pendopo Kelurahan setempat. Acara semakin meriah dengan banyaknya doorprize yang disediakan.

Bahkan, Lurah Kauman menyumbangkan hadiah utama berupa satu unit sepeda sesaat sebelum kegiatan panggung hiburan dimulai. Kupon doorprize dibagikan menyeluruh kepada warga yang datang, juga kepada para seniman yang memeriahkan acara tersebut.

“Nanti jangan pulang dulu, eman-eman (sayang, red) doorprizenya banyak,” imbuhnya.

Panggung hiburan, selain diisi dengan pentas barongan, juga ada iringan musik campursari serta penampilan Bujangganong (tarian topeng pelengkap barongan) dan Jaranan anak. Aksi lucu nan menghibur para Bujangganong membuat puncak Sedekah Bumi semakin meriah. 

Puncak perayaan sedekah bumi di Kelurahan Kauman ini juga dihadiri para tokoh Forkompimcam Blora Kota. Menjelang tengah malam, kegiatan bertema merajut persatuan dan kesatuan warga ini berakhir dengan penuh suka cita. (jay)