fbpx
Adv  

SEMPAT DIKANDANGKAN, PEMKAB SERAHKAN KEMBALI MOBIL OPERASIONAL KECAMATAN

SEMPAT DIKANDANGKAN, PEMKAB SERAHKAN KEMBALI MOBIL OPERASIONAL KECAMATAN
16 mobil untuk operasional kecamatan kembali dibagikan setelah sebelumnya dikandangkan.

Blora, Bloranews –  Sempat menjadi perbincangan publik terkait pengadaan 16 mobil untuk operasional kecamatan, Pemerintah Kabupaten Blora menyerahkan kembali pada pihak kecamatan setelah sebelumnya dikandangkan di parkiran Setda Blora.  Sabtu (29/04/).

Toyota Avanza berwarna hitam dan berplat merah tersebut telah dilengkapi dengan stiker bertuliskan “Mobil Operasional Kecamatan”.

Penyerahan kunci dan STNK kepada pihak kecamatan tersebut dilakukan oleh Kabag Umum Setda Blora, dan turut dihadiri dan disaksikan oleh Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, serta turut disaksikan oleh sejumlah insan pers.

Sebelumnya, Bupati Blora, H. Arief Rohman memberikan arahan kepada seluruh camat di Ruang Pertemuan Setda. Dia menegaskan, mobil tersebut diperuntukan untuk operasional kecamatan, bukan mobil dinas camat, dan tidak boleh dibawa pulang sehingga harus diparkir di kantor, Ia meminta agar penggunaan mobil operasional tersebut supaya digunakan dengan baik dan sesuai peruntukannya, terlebih dengan adanya stiker ‘mobil operasional’ tentu masyarakat juga turut serta mengawasi.

“Ada penyerahan mobil operasional. Yang penting tolong untuk dimanfaatkan mobil operasional ini untuk menunjang operasional kecamatan, mobil operasional ini untuk kantor, tentu disiapkan ya Pak Sekda aturannya, mekanisme penggunaanya seperti apa, ini sudah ada tulisannya mobil operasional tentunya ini akan diawasi juga oleh masyarakat, saya ingin agar penggunaannya sesuai, asal kegiatannya untuk kedinasan untuk kepentingan kecamatan silakan untuk dipakai dengan baik,” ungkap Bupati Blora, Arief Rohman.

Sebelumnya, Bupati menegaskan bahwa mobil operasional tersebut bukanlah untuk mobil dinas camat, melainkan untuk operasional kegiatan Kecamatan. Sehingga unsur kecamatan yang ada bisa menggunakan untuk operasional. Seperti PKK Kecamatan, dan organisasi masyarakat tingkat Kecamatan. Seperti MUI, dan lainnya bisa ikut menggunakan untuk kegiatan pelayanan atau menghadiri undangan ke desa-desa.

“Karena ini mobil operasional Kecamatan, bukan mobil dinas Camat. Maka wajib di parkir di Kantor Kecamatan ketika tidak dipergunakan. Tidak boleh dibawa pulang. Jika sewaktu-waktu ada yang ingin memakai langsung ke garasi di Kantor Kecamatan,” tandas Bupati.

Mobil operasional baru tersebut untuk mengganti mobil Suzuki APV yang tahun 2021 lalu diberikan hibah pinjam pakai untuk operasional Koramil se-Kabupaten Blora. Setelah hibah tersebut, Kecamatan tidak punya kendaraan operasional. Hanya ada mobil dinas Camat Terios Silver.

Jika Camat ada kegiatan, perangkat lainnya bingung ketika dapat undangan kegiatan luar karena tidak ada kendaraan operasional ke Desa Desa. Sehingga banyak yang mengusulkan adanya pengadaan mobil operasional baru untuk pelayanan ibu-ibu PKK, KB, Dharma Wanita, dan lain-lain.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan, Luluk Kusuma, membenarkan bahwa penyerahan kendaraan mobil operasional tersebut dilakukan pada hari ini. (Dj)