fbpx

SEMPAT VAKUM, PEMENTASAN WAYANG KULIT DI PENDOPO KEMBALI DIGELAR

Setelah vakum kurang lebih dua tahun karena pandemi, Pementasan wayang kulit di Pendopo Rumah Dinas Bupati akan kembali digelar. Hal itu sesuai penyampaian Bupati Arief saat menghadiri pentas wayang kulit 1 Muharram 1444 H di Kelurahan Mlangsen, Sabtu (30/7) malam.
Pentas wayang kulit 1 Muharram 1444 H di Kelurahan Mlangsen, Sabtu (30/7) malam.

Blora, BLORANEWS – Setelah vakum kurang lebih dua tahun karena pandemi, Pementasan wayang kulit di Pendopo Rumah Dinas Bupati akan kembali digelar. Hal itu sesuai penyampaian Bupati Arief saat menghadiri pentas wayang kulit 1 Muharram 1444 H di Kelurahan Mlangsen, Sabtu (30/7) malam.

“Rutinan Wayang Kulit di pendopo akan kembali digelar. Hanya saja, kalau dahulu setiap malam Jumat Pon. Kini mulai bulan Agustus 2022 ini nanti akan kita awali pada malam Sabtu Pon, dan berlanjut di bulan bulan selanjutnya setiap malam Sabtu Pon,” ucapnya.

BACA JUGA :  URI-URI BUDAYA JAWA, WARGA TUNJUNGAN PENTASKAN WAYANG KULIT

Bupati menegaskan, kegiatan ini sangatlah penting guna melestarikan seni budaya tradisional sekaligus regenerasi seniman di Kabupaten Blora.

“Blora memiliki potensi seniman dalang muda yang banyak. Termasuk para sinden-sinden muda, hingga pengrawit. Sehingga Pemkab harus hadir memberikan ruang untuk pementasan,” jelasnya.

Sementara itu, Ki Nuryanto, dalang yang memainkan lakon Pandawa Krida dalam pagelaran wayang kulit 1 Muharram 1444 H merasa senang karena pentas wayang kulit akan kembali digelar secara rutin di Pendopo Kabupaten.

BACA JUGA :  URI-URI BUDAYA JAWA, WARGA TUNJUNGAN PENTASKAN WAYANG KULIT

“Matur nuwun Pak Arief, Pak Bupati Blora atas dukungannya para teman teman seniman. Sampun kangen pentas di Pendopo. Alhamdulillah dapat jadwal setiap malam Sabtu Pon. Nanti akan segera kita bahas dengan teman teman PEPADI Kabupaten Blora,” ungkapnya. (*)