fbpx

SERMIYER WANTILGUNG : KERUPUK LEGENDARIS DARI KECAMATAN NGAWEN

  • Bagikan

Blora- Bagi anda yang tinggal di Blora sebelah selatan mungkin asing dengan nama “Kerupuk Sermiyer”, namun nama kerupuk ini sangat terkenal di wilayah Blora sebelah barat tepatnya di kawasan kecamatan Ngawen.

Kerupuk Sermiyer merupakan produk olahan tepung singkong yang telah dikonsumsi dari generasi ke generasi. Secara umum, Kerupuk Sermiyer berbentuk lingkaran tipis dengan rasa gurih yang khas. Di daerah lain kerupuk legendaris ini hampir mirip dengan Kerupuk Sandariah.

Maryam, salah satu produsen Kerupuk Sermiyer di desa Wantilgung kecamatan Ngawen menceritakan bahwa usaha yang dikelolanya ini diwariskan dari kakeknya. Maryam sendiri telah menekuni usaha ini selama dua puluh lima tahun. Selain menguntungkan secara ekonomi, menekuni usaha Kerupuk Sermiyer merupakan bentuk pengabdian Maryam kepada budaya kuliner lokal desa Wantilgung.

Selain Maryam, hampir merata di desa Wantilgung penduduknya mengais rezeki dengan membuat Kerupuk Sermiyer. Yuntarno, kepala desa Wantilgung mengamini kenyataan ini.

“Walau bagi para pengusaha besar, berdagang Sermiyer dipandang sebelah mata namun kenyataannya Sermiyer dapat mencukupi nafkah masyarakat. Bahannya mudah didapat, singkong yang banyak tersedia di desa ini. Sistem pemasarannya masih tradisional yaitu dijajakan dari pintu ke pintu oleh para penjual yang dibawa dengan pikulan” jelas Kades Wantilgung.

Di musim hujan ini, produksi Kerupuk Sermiyer sedikit mengalami kendala. Pasalnya sistem pengeringan yang dilakukan masih tradisional yaitu dikeringkan di bawah terik matahari [.]

Reporter : Jack Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan