fbpx

SIDAK PASAR SIDO MAKMUR, DKK TEMUKAN MAKANAN MENGANDUNG RODAMIN B

Tim Gabungan bersama Dinas Kesehatan menemukan makanan positif mengandung Rodamin B di Pasar Rakyat Sidomakmur Blora hari ini, Selasa (12/4). Makanan membahayakan tersebut diketahui saat sweeping produk makanan minuman yang kadaluarsa dan tidak layak konsumsi menjelang hari raya idul fitri 1442 H/2021 M.
Sidak Pasar Sido Makmur.

Blora – Tim Gabungan Bersama Dinas Kesehatan menemukan makanan positif mengandung Rodamin B di Pasar Rakyat Sidomakmur Blora hari ini, Selasa (12/4). Makanan membahayakan tersebut diketahui saat sweeping produk makanan minuman yang kadaluarsa dan tidak layak konsumsi menjelang hari raya idul fitri 1442 H/2021 M.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Edy Widayat mengaku, dari 14 sampel makanan yang diambil, 3 diantaranya positif mengandung Rodamain B. Mulai dari krupuk warna-warni, krupuk pentil dan krecek merah.

BACA JUGA :  DERITA ROMADHON, REMAJA PENDERITA TUMOR DAN EPILEPSI

“Kami memberikan penyuluhan kepada pedagang untuk tidak lagi menjual barang-barang tersebut,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya akan terus menelusuri dimana produksinya. Hal ini dilakukan semata-mata untuk melindungi. Apalagi, makanan yang mengandung pewarna tekstil tidak bagus untuk tubuh. Bisa merusak Hati, Ginjal dan Kanker.

Untuk sementara, pihaknya akan melakukan pembinaan terlebih dahulu. Namun, kalau berkali-kali menjual makanan serupa dan tidak bisa diingatkan, maka akan diberikan sanksi tegas.

BACA JUGA :  BUPATI KOKOK: HANYA ORANG HEBAT YANG MEMILIH PROFESI BIDAN!

“Barang akan ditarik. Untuk tidak diedarkan lagi,” tambahnya.

Setelah dari Pasar Rakyat Sidomakmur ini, sweeping produk makanan minuman yang kadaluarsa dan tidak layak konsumsi menjelang hari raya idul fitri 1442 H/2021 M akan dilanjutkan di Pasar Kunduran dan Jepon.

“Kami juga akan ambil sampel di toko modern,” pungkasnya. (Sub).