fbpx

SISWA SDN KAUMAN DIAJAK BUPATI UNTUK SERING CTPS

Gerakan kampanye CTPS
Gerakan kampanye CTPS

Blora – Peringatan Hari Cuci tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia 2021. Pemkab Blora menggelar kampanye CTPS bersama anak anak SDN Kauman di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, senin (18/10).

Bupati Blora Arief Rohman, menyampaikan dalam kampanye gerakan CTPS mengajak anak-anak untuk kerap cuci tangan pakai sabun sebelum atau setelah melakukan aktifitas. Terlihat mudah tapi harus dipahami karena sangat penting untuk proteksi tubuh dari potensi penyakit.

“Kami mengajak anak-anak untuk belajar dan membiasakan mencuci tangan pakai sabun setiap hari guna menjaga kesehatan tubuh. Pasti akan hidup sehat dari serangan bakteri, virus atau kuman yang menempel di tangan,” ucapnya.

Arief  menyadari bahwa kegiatan cuci tangan meningkat karena pandemi Covid-19, gerakan ini harus bisa mengedukasi masyarakat. Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) Tri Yuli Setyowati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Ainia Sholichah beserta pengurusnya dan Kepala Dinas Kesehatan Edi Widayat.

“Ayo ajak anak-anak kita untuk mulai membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun. Kedepan akan kita minta Dinas Pendidikan bisa bekerjasama dengan beberapa stakeholder terkait untuk mengadakan peralatan cuci tangan di setiap sekolah untuk melindungi anak-anak kita,” pungkas Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Edi Widayat berharap kita harus terus membudayakan CTPS sampai ke plosok kampung dan desa-desa. Kegiatan ini bentuk kerja sama antara Dinkes dengan TP PKK bisa jadi partner sosialisasi karena secara struktural sampai desa bahkan dasawisma

“Pada tahun 2019 lalu masyarakat Blora menyuci tangan pakai sabun baru dilakukan 55 persen, sedangkan pertengahan 2021 meningkat menjadi 75 persen. Ini banyak dipengaruhi oleh pandemi. Semoga ini bisa terus dilakukan guna menjaga kesehatan bersama,” harapnya.

Kemudian pada kegiatan tersebut terdapat sesi tanya jawab dengan para murid yang mengikuti kampanye cuci tangan pakai sabun. Tidak hanya di Pendopo Bupati, kegiatan peringatan HCTPS juga dilakukan di setiap kecamatan dan sekolah (jml).