SITUASI DARURAT? GUNAKAN APLIKASI PSC TANGGAP 119

Blora- Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19, Pemkab Blora menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi Public Safety Center (PSC) Tanggap 119.

 

SITUASI EMERGENSI, GUNAKAN APLIKASI PSC TANGGAP 119

Tangkapan layar aplikasi PSC 119

 

Perlu diketahui, PSC adalah layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang dibentuk pada tahun 2016 lalu kerjasama antara kementerian Perhubungan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan akan tetapi juga dalam situasi yang kritis.

Di Kabupaten Blora sendiri aplikasi tersebut sudah di launching Dinas Kesehatan bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Blora pada tanggal (02/07) yang lalu di ruang pertemuan Setda Blora.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan, Lucius Kristiawan mengungkapkan tahun ini pihaknya tidak membuat Posko Terpadu yang dikarenakan banyaknya petugas Puskesmas yang menjalani isolasi mandiri. Selanjutnya kesiapsiagaan PSC 119 dengan melakukan layanan pra rumah sakit jika terjadi situasi khusus (emergensi medik sehari-hari).

“Untuk masyarakat dapat menggunakan aplikasi Tanggap 119 di android yang sudah terintegrasi dengan Provinsi sehingga dapat di monitor bersama-sama,” ungkapnya.

Lucius menambahkan, adapun upaya bidang kesehatan yang dilakukan yakni kewaspadaan keamanan pangan, kewaspadaan bencana, kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapsiagaan PSC 119 dan patroli bersama PSC danSatlantas Blora. adapun sasaranya yaitu produk makanan minuman yang kadaluwarsa dan tidak layak konsumsi di toko dan swalayan.

“Jadwal sweeping minggu ke-IV Desember 2020,” pungkasnya. (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan