fbpx

SMK NEGERI 1 BLORA KENALKAN MEKANISME DEMOKRASI LEWAT PEMILIHAN KETUA OSIS

  • Bagikan
Pemilihan Ketua OSIS di SMK Negeri 1 Blora, Jumat (03/11)

Blora – SMK Negeri 1 Blora menggelar Pemilihan Ketua OSIS, Jumat (03/11). Dalam pelaksanaannya, Pemilihan Ketua OSIS ini dibuat semirip mungkin dengan mekanisme pemilihan kepala daerah di tanah air.

Kepala SMK Negeri 1 Blora Mariya mengatakan Pemilihan Ketua OSIS secara langsung ini menjadi proses pembelajaran bersama tentang bentuk dan praktek demokrasi, khususnya bagi para siswa. Dengan demikian para siswa mempunyai pemahaman dan pengalaman yang utuh guna meuwujudkan pemilu yang berkualitas dan demokrasi yang bermartabat.

 

Pemilihan Ketua OSIS di SMK Negeri 1 Blora, Jumat (03/11)

 

“Apalagi diantara kalian sudah ada yang mempunyai hak pilih dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tanggal 27 Juni yang akan datang, gunakanlah hak pilih sebaik-baiknya,” himbau Mariya pada apel pagi menjelang pemungutan suara, Jumat (03/10).

Ketua KPU SMK Negeri 1 Blora Ahmad Fahrul Aji Wibowo memaparkan dalam masa pendaftaran calon, masing-masing calon Ketua dan calon Wakil Ketua mendaftar sendiri-sendiri. Baru setelahnya dipasangkan melalui mekanisme yang telah diatur sehingga didapatkan 4 Pasangan Calon yang kemudian ditetapkan

“Setelah ditetapkan sebagai Pasangan Calon, masing-masing Paslon diberikan kesempatan untuk melakukan Kampanye. Komisi Pemilihan Umum SMKN 1 Blora sendiri memfasilitasi kampanye dalam dua bentuk. Pertama dalam penyampaian Visi-Misi-Program Paslon yang dilakukan dihadapan seluruh pemilih (siswa) pada saat upacara bendera hari Senin kemarin (30/10). Kedua dalam bentuk debat publik yang digelar pada kesokan harinya, Selasa (31/10),” pungkas siswa kelas XII TKR 1 SMK Negeri 1 Blora ini.

Pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB pada satu TPS terpusat. TPS terdiri atas tiga lajur untuk Kelas X, XI dan XII, dan tiap lajur terdiri atas lima bilik suara.

Reporter : Abdul Malik / KPU Blora                

  • Bagikan