fbpx

SMS GATEWAY, AMBIL NOMOR ANTRI SIDANG VIA SMS

  • Bagikan
Yudhasmara, Pegawai Pengadilan Agama Bagian Informasi dan Pengaduan.

Blora – Bagi peserta sidang di Pengadilan Agama Blora, ke depan tidak perlu datang ke Kantor Pengadilan Agama untuk mengambil nomor antrian sidang. Cukup sms ataupun dengan memesan nomor antrian melalui layanan SMS Gateway Pengadilan Agama Blora.

Yudhasmara, Pengawai Pengadilan Negeri Blora Bagian Informasi dan Pengaduan memaparkan lebih lanjut tentang SMS Gateway yang akan diterapkan dalam waktu dekat ini.

 

Yudhasmara, Pegawai Pengadilan Agama Bagian Informasi dan Pengaduan.

 

“Paling lambat bulan depan (Oktober), SMS Gateway sudah dapat digunakan untuk memesan nomor antrian sidang. Jadi para peserta sidang, tidak perlu jauh-jauh datang ke Pengadilan Agama untuk mengambil nomor antrian dan cukup sms atau mengunjungi website yang disediakan,” ujar Yudhasmara, Rabu (27/09).

Terkait angka perceraian, jumlah perceraian menurun sejak lebaran tahun ini. Sampai juli 2017 jumlah pendaftar perceraian sebanyak 190 pasangan, sedangkan pada bulan yang sama tahun sebelumnya, jumlah pendaftar perceraian mencapai 300 pasangan.

“Jumlah perceraian menurun sampai 30 persen dari pada tahun sebelumnya, ini berbeda dengan tren perceraian yang biasanya meningkat setelah lebaran. Salah satu cara menekan angka perceraian adalah dengan meningkatkan pelayanan mediasi bagi pasangan, utamanya bagi pasangan yang telah mendaftar cerai,” papar Kastari, Panitera Muda Pengadilan Agama Blora.

Kastari menambahkan, sejak bulan Juli sampai September sedikit sekali angka perceraian karena penyuluhan ini berhasil mempersatukan kembali beberapa pasangan yang mengajukan pendaftaran perceraian.

“Pengadilan Agama Blora kini juga mempermudah pelayanan pengurusan akta cerai,” pungkasnya.

Reporter : Jacko Priyanto

  • Bagikan