SURONAN DI BLORA : HAUL KE-21 KH. MASYHURI UMAR MOJOWETAN-BANJAREJO

khaul mojo ke 21

Puncak Peringatan Haul ke-21 KH Masyhuri Umar akan diselenggarakan malam ini (07.10.2016) di kompleks PP Sabilurrosyad Mojowetan (Foto Haul Ke-20)

Banjarejo – Puncak peringatan Haul ke-21 KH. Masyhuri Umar Mojowetan digelar malam ini. Agus Sunyoto, penulis naskah sejarah fenomenal Atlas Walisongo akan hadir dan memberikan tausyiah dalam agenda tahunan tersebut. Pengajian Umum dengan pembicara Agus Sunyoto menjadi penutup rangkaian peringatan Haul ke-21 KH. Masyhuri Umar yang telah dimulai sejak hari Rabu (05.10.2016).

Peringatan haul ke-21 KH. Masyhuri Umar dimulai dengan ziarah kubur di Maqbarah (Makam) pendiri pesantren Sabilurrosyad ini. Agenda hari rabu tersebut diikuti oleh segenap keluarga besar yayasan Asy-Syakur Mojowetan. Segenap pengasuh, pengurus, guru dan santri Raudlatul Athfal (setingkat Taman Kanak-Kanak), MI, MTs dan madrasah Aliyah Asy-Saykur berziarah di makam sang pendiri.

Hari kamis agenda kembali dilanjutkan dengan tahtiman (membaca Al-Qur’an sampai selesai/ 30 juz’) dan pengajian khusus wanita. Sedangkan untuk para pria kegiatan tahtiman dan doa bersama di maqbarah dilaksanakan pada hari Jumat.

Semenjak Jumat siang, persiapan pengajian umum telah dilakukan oleh panitia haul. Maghfur, ketua panitia menyampaikan bahwa pengajian umum yang diselenggarakan malam nanti dan tausyiah akan disampaikan oleh K. Agus Sunyoto.

“Pengajian umum dalam rangka Haul ke-21 KH. Masyhuri Umar akan dimulai pukul setengah delapan malam. Tausyiah akan disampaikan oleh K. Agus Sunyoto, sejarawan NU dan penulis Atlas Walisongo” jelas Gempur, sapaan akrab Maghfur ketua panitia Haul ke-21 KH. Masyhuri Umar.

Agus Sunyoto merupakan sejarawan NU yang menulis ensiklopedia fenomenal, Atlas Walisongo. Melalui ensiklopedia yang disusunnya, K. Agus Sunyoto membuktikan bahwa islamisasi yang dilakukan oleh Walisongo terjadi dalam hitungan puluhan tahun karena menerapkan konsep akulturasi budaya. K. Agus Sunyoto juga merupakan salah satu pemikir ideologis Islam Nusantara, konsepsi pelaksanaan ajaran islam berdasarkan kearifan lokal yang kini dipromosikan oleh Nahdlatul Ulama sebagai kerangka pemikiran dakwah islam global.

Editor  : Sahal Mamur

Foto     : Peringatan Haul KH. Masyhuri ke 20 tahun 2015

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.