fbpx

TAGIH JANJI JOKOWI, PPDI BERANGKATKAN RATUSAN PERANGKAT DESA KE JAKARTA

Silaturahmi Nasional PPDI di Istora Senayan, Jakarta
Silaturahmi Nasional PPDI di Istora Senayan, Jakarta. dok 2019.

Jakarta- Ratusan perangkat desa di Kabupaten Blora berangkat ke Jakarta untuk menagih janji Presiden Jokowi terkait penghasilan tetap perangkat desa. Meski dengan berangkat ke Jakarta, para perangkat desa ini harus meninggalkan kegiatannya bertani yang tengah memasuki musim tanam.

“Yang berangkat ke Jakarta hanya 4 bus besar. Sekitar 200 orang atau lebih. Lainnya, harus menjalankan aktivitasnya bertani. Awal musim tanam seperti ini, takut tidak kebagian air,” ucap Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Blora, Djasman, Senin (04/01).

 

Silaturahmi Nasional PPDI di Istora Senayan, Jakarta
Silaturahmi Nasional PPDI di Istora Senayan, Jakarta

 

Di Jakarta, rencananya PPDI akan menggelar demonstrasi di depan Istana Merdeka. Belum sempat demo, kegiatan segera dialihkan ke Istora Senayan dan Presiden Jokowi akan menemui sebanyak 40 ribu perangkat desa tersebut.

Ketua Umum PPDI, Mujito mengaku lega usai bertemu dengan Presiden Jokowi bersama puluhan ribu anggotanya. Dalam pertemuan di Istora Senayan, Presiden berjanji dalam dua minggu Peraturan Pemerintah yang akan mengakomodir tuntutan PPDI akan diterbitkan.

“Jadi Pak Presiden dalam 2 minggu dari sekarang, maksimal, itu akan menerbitkan PP terkait dengan regulasi penghasilan tetap perangkat desa,” ucapnya.

Mujito menyampaikan pertemuan hari ini merupakan tindak lanjut dari rapat tingkat menteri dengan PPDI pada 9 Januari 2018 lalu yang membahas penghasilan perangkat desa. Anggota PPDI lalu berkeinginan agar Presiden Jokowi sendiri yang menyampaikan hasil rapat tersebut.

“Jadi ke sini kami menyampaikan ribuan terima kasih dan ingin yang menyampaikan (hasil rapat) tanggal 9 itu adalah Pak Presiden sendiri. Hasilnya itu yang menyampaikan Pak Presiden (soal) pembahasan tentang PP tentang peningkatan kesejahteraan perangkat desa,” pungkasnya. (one)