fbpx

TAHUN AJARAN BARU, TNI SOSIALISASIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN KEDISIPLINAN

  • Bagikan
SMA Negeri 1 Jepon yang menghadirkan anggota TNI dari Koramil 02 Jepon memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara.

Blora – Pada kalender pendidikan tahun 2017 tahun ajaran baru di mulai, sejak Senin (17/7) lalu. Untuk merefres seluruh siswa, hampir seluruh sekolah di Kabupaten Blora melakukan berbagai kegiatan khususnya untuk siswa baru.

 

SMA Negeri 1 Jepon yang menghadirkan anggota TNI dari Koramil 02 Jepon memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara.

 

Seperti halnya yang dilakukan pihak SMA Negeri 1 Jepon yang menghadirkan anggota TNI dari Koramil 02 Jepon memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada ratusan pelajar di sekolah tersebut.

Menurut Komandan Koramil Jepon melalui Batuud Pelda Ngasmin, sosialisasi bela negara dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat partriotisme dan nilai-nilai kebangsaan, khususnya kepada generasi muda atau pelajar.

“Melalui pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela Negara dapat diharapkan dalam diri para siswa akan semakin tumbuh rasa cinta tanah air serta memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Rasa nasionalisme yang tinggi, rela berkorban demi bangsa dan Negara  serta turut menjaga dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Pelda Ngasmin, Selasa (18/7).

Ngasmin menuturkan sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 27 ayat 3 menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Upaya bela negara dapat di implementasikan dalam kehidupan berbagai macam profesi, diantaranya pelajar.

“Sebagai pelajar upaya bela negara dapat dilaksanakan dengan belajar yang tekun sehingga dapat meraih prestasi di sekolah,” tandasnya. 

Hal serupa pun diikuti oleh 169 orang siswa baru SMK NU Kartayuda Wado, Kedungtuban, Blora, dengan kegiatan pembekalan dan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat.

Dalam kegiatan tersebut, anggota TNI Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08 Kedungtuban, Sertu Setu dan Serda Sujadi menyampaikan berbagai materi PBB yang meliputi latihan penghormatan, jalan ditempat, dan lainnya.

“Lebih dahulu kami peragakan sebagai contoh gerakan kepada siswa-siswi, sehingga mereka dapat mudah mengikuti setiap gerakan yang diberikan. Para siswa banyak yang antusias mengikutinya tadi,” ujar Babinsa, Sertu Setu.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!