fbpx

TAJ YASIN TERANGKAN LARANGAN BERITA HOAKS MENURUT AL-QUR’AN

Kilas Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin.

Semarang, BLORANEWS – Orang nomor dua di Jawa Tengah, Taj Yasin menerangkan larangan memproduksi berita hoaks menurut kitab suci Al Quran. Tepatnya yang terkandung dalam QS. Al Hujurat ayat 6.

“Didalam Al Quran dicatat di ayat ke-6 surat Al Hujurat, tertulis ‘wahai orang beriman Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita maka periksalah dengan teliti. Agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu'”, terangnya dalam acara Halal bi Halal Humas Pemprov Jateng dan Diskominfo Jateng, bersama rekan-rekan media di Hotel Santika Premiere Semarang, Kamis (12/5).

BACA JUGA :  WAGUB TAJ YASIN BEBERKAN DUA LANGKAH PEMPROV JATENG DALAM PERLINDUNGAN YATIM PIATU COVID-19

Dalam kesempatan itu, Taj Yasin mengajak segenap insan media untuk mengedepankan tabayyun sebelum memproduksi berita. Menurutnya, hal itu akan menghindarkan masyarakat dari konsumsi berita hoaks yang merugikan.

Menyoal berita hoaks, sosok Gus yang kini menjabat sebagai Wagub Jateng itu juga menjelaskan, ada sebuah Hadits Nabi yang mengajarkan kepada umatnya untuk tidak mudah termakan berita hoaks atau fitnah.

BACA JUGA :  TINGKATKAN SDM, WAGUB TAJ YASIN RENCANA GANDENG KOMEKRAF

“Diajarkan Nabi Muhammad SAW, bagaimana menanggapi berita bohong. Kita harus sabar, menunggu kebenaran itu, tabayyun, tidak serta merta langsung percaya,” tegasnya. (Kin).