fbpx

TANGGAPAN GTPP COVID-19 TERKAIT PENJEMPUTAN PAKSA PASIEN

Orang tua pasien Civid-19 mendatangi klinik bakti padma
Orang tua pasien Civid-19 mendatangi klinik bakti padma

Blora – Menanggapi pemberitaan yang tengah ramai hari ini terkait ada keluarga dari pasien Covid-19 kluster Temboro yang datang ke Klinik Bakti Padma untuk menjemput paksa guna meminta isolasi diri mandiri di rumah.

 

Orang tua pasien Civid-19 mendatangi klinik bakti padma
Orang tua pasien Civid-19 mendatangi klinik bakti padma

 

“Ada beberapa yang protes ingin menjemput pasien yang sudah lama menjalani isolasi dan belum sembuh-sembuh di Klinik Bakti Padma. Memang ini butuh kesabaran yang luar biasa termasuk kondisi psikis. Kalau memang memaksa untuk isolasi mandiri di rumah, syaratnya satu harus disiplin ketat jangan sampai keluar rumah,” terangnya.

Dengan demikian pihaknya berharap kepada keluaraga pasien tersebut agar keluarga mengawasi dengan ketat dan dikontrol oleh petugas. Kalau belum dinyatakan sembuh secara pemeriksaan Swab sebanyak dua kali berturut turut maka harus tetap menjalankan isolasi.

“Sembuh itu secara klinis dan secara laboratoris. Memang secara klinis tubuhnya sehat, namun secara laboratoris pasien masih mengandung virus di dalam tubuhnya. Apalagi banyak pasien kita berasal dari orang tanpa gejala atau OTG yang tubuhnya sehat. Ini yang bahaya jika keluar rumah bisa menulari yang lain. Kalau memang memaksa pulang, isolasi diri di rumah, maka pengawasannya harus ketat,” harap lilik.

Selama menjalani isolasi diri di rumah, pihaknya memastikan akan terus memantau sambil menunggu hasil swab selanjutnya.

“Kami dari tim gugus selalu mengingatkan agar tidak mendiskriminasi mereka. Meskipun PCR positif, selama kita tidak jabat tangan, tidak kontak langsung, jaga jarak, pakai masker, tetap aman. Tidak takut berlebihan dan tidak dikucilkan. Ini penting. Mereka justru harus dibantu dengan dukungan sosial dari tetangga. Ini menjadi obat yang bagus bagi mereka yang menjalani isolasi di rumah agar psikisnya membaik,” pungkasnya. (jyk)