TARI GAMBYONG CILIK TAMPIL MEMUKAU DI OMAH BUCU CETHIK GENI

Cepu- Para penari cilik tampil memukau saat menarikan Tari Gambyong di Omah Bucu Cethik Geni. Para penari cilik tersebut merupakan anak-anak Dusun Sugihwaras Desa Cabean yang telah rutin berlatih menari di komunitas budaya tersebut.

 

Penampilan Tari Gambyong oleh penari cilik di Omah Bucu Cethik Geni

Penampilan Tari Gambyong oleh penari cilik di Omah Bucu Cethik Geni

 

Penampilan para penari cilik ini untuk menyambut para tamu dari BRI Cabang Cepu, yang mendonasikan secara simbolis bibit pohon untuk penghijauan lingkungan. Tak hanya itu, para tamu juga diajak menikmati jajanan khas pedesaan di taman baca tersebut.

“Para tamu dari BRI tersebut juga kami ajak untuk menikmati jajanan seperti Procot Telang, Saplak, bermacam rowotan, Es Telang Timun, dan Teh Telang,” kata founder Cethik Geni, Rita Oktaviana di Omah Bucu Cethik Geni , Dusun Wangkot Desa Kapuan, Cepu, Kabupaten Blora, Rabu (04/12).

Para tamu dari BRI tersebut mendonasikan sebanyak 500 bibit pohon Jati dan Mahoni untuk penghijauan di desa-desa sekitar Bucu Cethik Geni. Usai penyerahan, bibit tersebut segera didistribusikan ke Pemerintah Desa (Pemdes) sekitar kawasan tersebut.

Pemimpin BRI Cabang Cepu, I Gede Dianarta mengaku terkesan dengan penyambutan di Omah Bucu Cethik Geni. Pihaknya juga mendukung gagasan penghijauan yang diinisiasi komunitas tersebut.

“Penghijauan harus terus berlanjut, mengingat panasnya cuaca belakangan ini. Kami sangat mendukung, kami merasa terharu masih ada komunitas yang peduli dengan lingkungan seperti Cethik Geni,” kata Gede.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengapresiasi Cethik Geni yang terus memelihara budaya baca di lingkungan tersebut. Untuk itu, pihaknya berencana untuk menyumbangkan berbagai buku sebagai tambahan koleksi pustaka Cethik Geni.

“Lain waktu, kami akan memberikan buku. Supaya menjadi bacaan anak-anak di sini,” pungkasnya.

Diketahui bersama, Taman Baca dan Budaya Cethik Geni tak hanya berusaha meningkatkan budaya baca saja. Tetapi juga, mendorong peningkatan ekonomi di lingkungan setempat dengan kreasi kuliner berbahan dasar bunga Telang untuk ibu rumah tangga.

Karya kuliner tersebut terbukti mampu bersaing di skala regional Jateng, bahkan di berbagai pameran kuliner di ibu kota. Berbagai produk yang dihasilkan antara lain Teh Telang, serta pewarna makanan berbahan dasar bunga Telang. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.