fbpx

TEMUI PULUHAN RIBU PERANGKAT DESA, JOKOWI: JANGAN DEMO, INI MUSIM HUJAN!

Presiden Jokowi menemui puluhan ribu perangkat desa di Istora Senayan
Presiden Jokowi menemui puluhan ribu perangkat desa di Istora Senayan saat silatnas PPDI 2019.

Jakarta- Presiden Jokowi akhirnya menyetujui tuntutan puluhan ribu perangkat desa yang meminta gaji setara PNS golongan IIA. Sehari sebelum menemui perangkat desa dalam acara Silaturahmi Nasional PPDI tersebut, Presiden mendengar kabar bahwa mereka akan melakukan demonstrasi di depan Istana.

“Tadi malam saya dengar, katanya mau demo di depan istana. Nggak usah lah, ini musimnya musin hujan,” ucap Jokowi di depan puluhan ribu perangkat desa dalam Silurahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Istora Senayan, Senin (14/01).

 

Presiden Jokowi menemui puluhan ribu perangkat desa di Istora Senayan
Presiden Jokowi menemui puluhan ribu perangkat desa di Istora Senayan

 

Tak ayal, ucapan Jokowi ini segera disambut teriakan riuh rendah perangkat desa tersebut. Jokowi pun melanjutkan penjelasannya bahwa tuntutan PPDI terkait penghasiolan tetap setara PNS golongan IIA telah dibahas bersama para menterinya.

“’Kan sudah selesai. Sudah dibicarakan sama Menteri Keuangan, Mendagri, MenPAN,” imbuh Jokowi.

Menutup penjelasannya, Jokowi menegaskan, hasil rapat bersama para menteri terkait memutuskan, telah menyetujui permintaan para perangkat desa. Produk hukum yang sejauh ini dinilai tidak mengakomodir penghasilan tetap perangkat desa, akan direvisi paling lama 2 minggu.

“Tetapi yang paling penting, sudah kita putuskan status perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA. PP 43 dan PP 47 akan direvisi paling lama 2 minggu,” pungkas Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini melegakan perangkat desa yang telah jauh-jauh datang dari kampung halaman ke ibu kota. Dengan adanya pernyataan ini, nasib dan penghasilan mereka aka terjamin.

“Jadi alhamdulillah hari ini sudah clear, jadi sudah mencair. Hari ini kita sudah enjoy. Kami sangat mendukung kepada beliau Pak Presiden karena tuntutan kami sudah diterima,” ucap Ketua Umum PPDI, Mujito usai pertemuan.

Perasaan yang sama juga disampaikan Ketua PPDI Kabupaten Blora, Djasman. Perjuangan 200 perangkat desa di Blora yang datang ke Jakarta, tidak sia-sia. Meski untuk itu, para perangkat desa ini harus meninggalkan pekerjaannya sehari-hari sebagai petani. (one)