TERTIBKAN ATRIBUT KAMPANYE, BAWASLU GELAR PATROLI KELILING

Blora- Tim gabungan Bawaslu, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres Blora kembali melakukan penertiban atribut kampanye. Penertiban dilakukan setelah dilakukan koordinasi dan sosialisasi kepada para peserta Pemilu 2019.

Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan Bawaslu Blora, Sugie Rusyono mengungkapkan, langkah penertiban dilakukan sesuai jadwal periodisasi. Penertiban ini juga dilakukan menyeluruh di tingkat kecamatan se- Blora.

 

Satpol PP mengeksekusi stiker kampanye di kaca belakang angkot

Satpol PP mengeksekusi baliho/APK yang melanggar aturan

 

“Kami telah berkoordinasi dengan parpol peserta pemilu. Mereka menyadari masih adanya caleg yang belum tertib, dan mendukung Bawaslu dalam menegakkan aturan terkait APK,” terang Sugie, Rabu (13/02).

Pihaknya menambahkan, terkait penertiban atribut kampanye pada kendaraan umum, dilakukan dengan metode patroli keliling. Tim gabungan bersiaga di pusat-pusat transit kendaraan umum seperti terminal, perempatan, dan halte bus.

Di kawasan Blora Kota, penertiban dilakukan di perempatan Karangjati, kawasan Stasiun Blora, sekitar kompleks Mako Yonif 410/Alugoro, dan sekitar kantor Kecamatan Blora Kota. Hingga saat ini, inventarisasi jumlah atribut kampanye yang ditertibkan masih terus dilakukan.

“Jumlahnya masih dalam penghitungan, data dinamis. Penertiban terus berlanjut di Panwaslu Kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim memastikan, penertiban ini berdasar atas SK Bupati Nomor 273/543/2018 dan SK KPU Blora Nomor 44/HK.03.1-kpt/3316/KPU-Kab/IX/2018.

Dua aturan di atas mengatur  tentang lokasi yang dilarang Pemasangan APK dan Bahan Kampanye Pemilu 2019. Pihaknya, sebelum ini juga telah mengirimkan surat himbauan kepada parpol peserta Pemilu 2019.

“Bawaslu Blora juga telah mengirimkan surat himbauan ke parpol sebagai upaya pencegahan. Harapannya parpol dapat menertibkan sendiri terkait keberadaan APK yang melanggar,” ucap Andyka. (mus)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.