fbpx

TERUNGKAP, RAHASIA KELEZATAN SEMANGKUK BAKSO

Pembuatan bakso di dapur Kedai Bakso Faisal Sendangharjo Blora Kota.

Blora – Setiap orang pasti pernah menikmati bakso, baik dalam sajian mie bakso maupun pelengkap tumis sayuran. Kelezatan bakso, terasa dalam teksturnya yang khas dan aromanya yang menggoda selera, aroma khas daging sapi. Semangkuk bakso, nikmat disantap dimusim hujan ketika cuaca dingin.

 

Pembuatan bakso di dapur Kedai Bakso Faisal Sendangharjo Blora Kota.

 

Bloranews.com mengunjungi dapur Kedai Bakso Faisal yang terletak di kawasan Sendangharjo Blora kota untuk melihat lebih dekat proses pembuatan bola daging yang nikmat itu.

Fitri (22), pembuat bakso di Kedai Bakso Faisal menjelaskan cara pembuatan bakso. Di sini, bakso dibuat secara tradisional dengan bahan alami, tanpa bahan kimia yang membuat kenyal makanan. Fitri bahkan mengungkapkan resep rahasia  untuk memunculkan rasa daging sapi pada bakso yang dibuatnya.

“Bahannya, tepung pati dan daging sapi yang digiling kasar. Kenapa kasar, karena teknik ini akan membuat cita rasa daging sapi menjadi dominan. Tekstur yang kasar juga membuatnya nikmat ketika disantap,” kata Fitri mengawali penjelasannya, Rabu (25/10).

 

Bakso dibuat secara tradisional dengan bahan alami, tanpa bahan kimia yang membuat kenyal makanan

 

Adonan ini kemudian dicampur dengan rempah-rempah seperti lada dan bawang putih ditambah sedikit garam. Adonan yang sudah kalis, kemudian dibulatkan dengan tangan. Hanya tangan terlatih yang dapat membuat adonan bakso ini benar-benar bulat. Bulatan bakso ini, kemudian direbus dalam air mendidih selama setengah jam.

Untuk kuahnya, dimulai dengan merebus lemak dan tulang sapi. Setelah beberapa saat, rebusan ditambahkan beberapa bumbu seperti garam, lada bubuk dan sedikit gula. Gula dalam rebusan ini akan memunculkan sensasi gurih manis yang memenggugah selera.

Setelah mendidih, rebusan ditambah dengan Bawang Putih dan Bawang Merah yang dihaluskan. Bisa juga kedua jenis bawang ini digeprek atau diiris kasar. Kemudian ditambah irisan daun bawang.

Seporsi mie bakso, menurut Fitri, paling enak disajikan dengan mie kuning, bihun, irisan kol, sedikit lemak sapi (gajih), irisan daun bawang segar, irisan seledri. Dilengkapi dengan kecap, saus tomat dan irisan bawang goreng. Seporsi mie bakso semakin lezat jika ditemani segelas es teh dan kerupuk.

Oleh : Solihati Suraban / Baksoholic