fbpx

TIKET LEBARAN KA BISA DIPESAN 45 HARI SEBELUM BERANGKAT

Petugas Polsek Randublatung Polres Blora berjaga di stasiun kereta api Randublatung

Blora – Kabar gembira bagi kalian yang hendak ingin mudik ke kampung halaman, per 1 April 2022 PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api 45 hari sebelum pemberangkatan. Masyarakat bisa memesan tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro menjelaskan, saat ini KAI ada kebijakan penjualan tiket KA jarak jauh H-30 sebelum perjalanan. Perubahan kebijakan H-45 diterapkan untuk memberi ruang masyarakat dalam merencanakan perjalanan dalam masa lebaran.

“KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran,” jelasnya, Jum’at (1/4).

BACA JUGA :  LAYANI PEMUDIK, PUSAT OLEH-OLEH DIBUKA

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

BACA JUGA :  DILARANG BERAKTIVITAS DI JALUR KERETA API

Per 1 April 2022, KAI Daop 4 Semarang telah menjual 10.171 tiket KA Jarak Jauh dan KA Lokal untuk keberangkatan periode 22 April s.d 13 Mei 2022 atau 4,1% dari total tiket yang disediakan. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100% dan untuk KA Lokal yaitu 70%.

“Rute favorit masyarakat pada periode tersebut di wilayah Daop 4 Semarang yaitu Semarang-Jakarta, Tegal-Jakarta, Cepu-Jakarta dan Semarang-Surabaya. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat dari wilayah Daop 4 Semarang yaitu 29 April, 30 April, 7 Mei dan 8 Mei,” tambahnya.

BACA JUGA :  KABAR GEMBIRA, PT KAI HADIRKAN DISKON TIKET DI MASA LEBARAN

Pihak KA telah menyediakan cukup banyak tiket. Demi kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan, Krisbiyantoro mengaku telah menyiapkan sarana, prasarana maupun SDM. Ia juga telah kerja sama dengan beberapa pihak untuk Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

“Momen Angkutan Lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan,” pungkasnya. (Jam).