fbpx

TIM URKES POLRES BLORA LAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHANAN

  • Bagikan
Pemeriksaan rutin tahanan di Rumah Tahanan Polres Blora.

Blora – Untuk menjaga dan memastikan kondisi kesahatan para tahanan, Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Blora melakukan pemeriksaan rutin terhadap tahanan yang ada di rumah tahanan (Rutan) Polres Blora, meliputi cek tekanan darah, cek mata, mulut dan tenggorokan, pemeriksaan fisik dan konsultasi kesehatan termasuk keluhan kesehatan Tahanan.

Selama berada di ruang tahanan, hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak di penuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolah raga. Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani.

 

Pemeriksaan rutin tahanan di Rumah Tahanan Polres Blora.

 

Menurut Kapolres Blora melalui Kasat Tahti Polres Blora Ipda Tri Wahyono mengatakan, “meskipun mereka adalah tahanan Polres Blora, orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu laksanakan pemeriksaan dan tanyakan keluhan apa yang di rasakan,” kata Ipda Tri Wahyono, Senin (22/5/2017).

Cek kesehatan ini selain rutin juga diadakan apabila ada tahanan yang merasa sakit atau di dapati sakit maka tim medis akan segera melakukan perawatan kesehatan. Jika di anggap perlu perawatan lebih lanjut untuk opname maka akan di rujuk ke rumah sakit.

“Semua dilakukan untuk menjamin tingkat kesehatan seluruh tahanan, mengingat mereka rentan terserang penyakit,” ungkapnya.

Selain melakukan pemeriksaan dan pengobatan, tim kesehatan juga mengingatkan agar para penghuni tahanan untuk selalu menjaga kebersihan dan melakukan olah raga agar tidak mengalami sakit.

Sementara itu, Kasat Shabara Polres Blora AKP Siswanto menambahkan bahwa petugas jaga tahanan sering memberikan nasehat untuk para tahanan. Untuk selalu menjaga kesehatan, dan kebersihan.

“Jika makanan sudah datang segeralah makan. Jika waktu sudah menunjukan waktu sholat untuk segera sholat berjama’ah, karena dengan beribadah yang baik maka hati dan fikiran akan mengikuti,” tandas AKP Siswanto.

Reporter : Ngatono

 

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!