fbpx

TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA, KPU BLORA GELAR “GOES TO SCHOOL”

  • Bagikan
Anggota KPU Blora, Moesafa, dalam KPU Blora Goes To School di SMK Negeri 1 Blora, Senin (26/03).

Blora – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora menggelar program Goes To School di sejumlah sekolah setingkat SMA. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula.

 

Anggota KPU Blora, Moesafa, dalam KPU Blora Goes To School di SMK Negeri 1 Blora, Senin (26/03).

 

Anggota KPU Blora, Moesafa, menekankan petingnya program ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 77,5 persen,” tekan Moesafa, Selasa (27/03).

Menurut Moesafa, Program ini telah berjalan di beberapa sekolah seperti di SMKN 1 Blora (26/03), SMKN 2 Blora (26/03), dan SMK Ma’arif (27/03).

Selanjutnya, KPU Blora juga akan menyasar sekolah-sekolah lain diantaranya SMKN Cepu, SMKN Kunduran, SMAN 1 Blora, SMAN 2 Blora, SMAN 1 Cepu, SMAN 2 Cepu, SMAN Ngawen, SMAN Randublatung, dan MAN Blora. Sementara sekolah-sekolah selebihnya akan digarap oleh PPK di wilayah masing-masing.

Meosafa menambahkan, munculnya pemilih pemula disebabkan karena tiga faktor. Pertama karena faktor usia, yaitu mereka yang telah berusia 17 tahun pada saat pemungutan suara (27 Juni 2018).

Selanjutnya, faktor perubahan status perkawinan, yaitu mereka yang belum berusia 17 tahun tapi sudah/pernah kawin. Kemudian, faktor perubahan status dari anggota TNI/POLRI menjadi sipil.

“Dari ketiga faktor ini, pemilih pemula karena faktor usia merupakan jumlah terbesar dibanding dua faktor lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Khoirunniam

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!