fbpx

TINGKATKAN SDM DESA NGILEN, UMS TERJUNKAN MAHASISWA KKN

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerjunkan tujuh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Ngilen, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.
Mahasiswa KKN USM.

Kunduran – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerjunkan tujuh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Ngilen, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.

Koordinator KKN UMS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Evan Wahyu Wijanarko mengatakan, KKN kali ini fokus meningkatkan SDM di Desa Ngilen, secara spesifik menargetkan anak usia dini dan remaja terkhusus SMA.

BACA JUGA :  TIGA SISWA SMK NEGERI 1 BLORA CIPTAKAN DETEKTOR GEMPA

“Karena kita semua dari keguruan, jadi kita fokus ke pendidikan, ada Bahasa inggris, matematika atau lainnya dapat membantu anak-anak di sini,” paparnya usai pembukaan KKN di Balai Desa Ngilen, Rabu (02/02).

Titik fokus mahasiswa KKN UMS selain itu juga ada bidang sosial, keagamaan dan kesehatan. Evan menilai, tingkat pendidikan di Desa Ngilen lumayan baik dan teknologi sudah banyak yang mengerti.

BACA JUGA :  TINGKATKAN KOMPETENSI GURU TPQ, KKN STAI AL MUHAMMAD GELAR PENATARAN

“Dengan adanya keberadaan kami di sini semoga bisa membantu meningkatkan SDM warga Desa Ngilen. Termasuk memberikan pengetahuan tentang teknologi yang telah berkembang di era sekarang,” harapnya.

Kepala Desa Ngilen, Purwo Suharto mengatakan, untuk bidang pendidikan disarankan untuk langsung terjun di sekolah dan bisa bimbel ataupun praktek. Pada bidang kesehatan ada posyandu dan posbindu remaja.

“Untuk bidang kesehatan ada posyandu dan posbindu remaja, diharapkan mereka untuk ikut berbaur disana. Kalau bidang keagamaan, kami ada 3 tempat madin (madrasah diniyah) mohon bisa dibantu dalam proses belajar mengajar khususnya di TPQ,” jelas Purwo.

BACA JUGA :  PEMKAB BLORA GELAR RAKOR STUNTING, BUPATI: JANGAN SAMPAI JADI BENCANA KEMANUSIAAN!

Pihaknya juga berharap, mahasiswa UMS yang saat ini sedang melaksanakan KKN di Desa Ngilen dapat membantu warga masyarakat setempat pada bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan. (Jam).