fbpx

TIPS DAN TRIK CUCI MOBIL AGAR CAT TIDAK TERGORES

TIPS DAN TRIK CUCI MOBIL AGAR CAT TIDAK TERGORES
https://www.pexels.com/id-id/foto/mobil-basah-bersih-pencucian-6003/

Musim hujan seperti sekarang mencuci mobil merupakan sebuah rutinitas yang sebaiknya tidak dilewatkan, karena merupakan langkah terbaik untuk menjaga mobil Anda tetap bersih dan cat bodi mobil tetap terawat.

Namun Jangan sembarangan mencuci mobil karena bisa merusak catnya. perlu diketahui bahwa Anda harus menerapkan cara mencuci mobil yang benar.

Seringkali Proses mencuci mobil dianggap sepele. Bahkan banyak orang asal-asalan melakukannya. Padahal proses ini akan memberi pengaruh besar pada tampilan mobil Anda saat digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara tepat yang bisa dilakukan ketika Anda mencuci mobil:

  1. Jangan Cuci di Bawah Sinar Matahari

Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Ini merupakan hal yang sangat tidak disarankan karena bisa meningkatkan risiko munculnya kerak dan jamur. Jika Anda mencuci di bawah paparan sinar matahari, maka air tersebut akan lebih mudah mengering. Namun, proses pengeringan ini dapat menimbulkan bekas kerak dan akhirnya berkembang menjadi jamur.

Kerak dan jamur merupakan masalah yang sangat mengganggu tampilan bodi mobil Anda. Hal ini akan membuat cat bodi mobil jadi terlihat kusam dan tidak menarik lagi. Jadi sangat disarankan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh. Bisa juga dilakukan pencucian mobil di waktu malam agar terhindar dari paparan sinar matahari.

  1. Gunakan Gerakan Atas ke Bawah

Saat mencuci mobil, Anda mungkin perlu membalurkan sabun ke bodi mobil. Proses ini bisa dilakukan dengan menggosok bodi mobil dari atas ke bawah. Jangan membuat gerakan memutar atau menggosok dari bawah ke atas. Jika gerakannya memutar atau dari bawah ke atas maka debu-debu dan kotoran berpotensi untuk kembali menyebar ke bodi mobil.

BACA JUGA :  INI DIA 7 TANDA SEPATUMU ORIGINAL

Jadi cara mencuci mobil yang disarankan adalah dengan menggosoknya dari atas ke bawah. Dengan begitu semua debu dan kotoran bias turun ke bawah dengan sempurna. Bodi mobil Anda jadi lebih bersih dan bebas dari kotoran. Usahakan untuk melakukan gerakan ini secara perlahan saja tanpa harus terlalu menekan.

  1. Pakailah Kain Lap yang Lembut

Setelah selesai mencuci mobil, maka Anda harus memulai proses pengeringan. Pengeringan bodi mobil setelah dicuci bisa dilakukan menggunakan kain lap. Pakailah kain lap yang bahannya lembut dan bersih. Jika bahannya lembut maka kain lap tersebut tidak akan menggores bodi mobil jadi potensi kerusakannya jauh lebih kecil.

Masalah kain untuk mengelap bodi mobil ini biasanya juga banyak diremehkan oleh kebanyakan orang. Banyak orang memakai sembarang kain asalkan bisa mengelap dan mengeringkan bodi mobil. Padahal sedikit saja goresan yang ditimbulkan akibat lap tersebut bisa berpengaruh pada kualitas tampilan cat bodi mobil Anda. Apalagi jika Anda terbiasa mengelap dengan kain kotor dan kasar, pasti kelamaan cat mobil akan rusak.

  1. Bersihkan Menyeluruh
BACA JUGA :  8 LANGKAH MUDAH MEMBINA HUBUNGAN JARAK JAUH

Saat mencuci mobil, Anda sangat disarankan untuk membersihkan semua area secara menyeluruh. Tak hanya bodi mobil bagian luar saja, Anda juga harus membersihkan kabin atau interiornya. Selain itu Anda juga harus menjangkau area bawah mobil.

Cara mencuci mobil bagian bawah sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi. Bagian ini mungkin tidak terlihat dari luar namun sangat penting untuk dibersihkan demi menjaga performa mobil tetap optimal.

  1. Gunakan Sabun Khusus

Pakailah sabun khusus untuk cuci mobil agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal. Hindari pemakaian detergen atau sabun colek untuk mencuci bodi mobil. Sabun-sabun tersebut tidak memiliki formula khusus yang bisa merawat kualitas warna cat mobil. Lebih disarankan untuk menggunakan sabun mobil saja yang sudah didesain khusus.

Lalu banyak juga yang bertanya bolehkah cuci mobil pakai shampo? Jika shampo yang digunakan adalah shampo biasa maka tidak disarankan. Namun jika shampo yang dipakai adalah shampo mobil maka sudah pasti boleh. Justru sangat disarankan untuk memakai shampo mobil agar hasil akhirnya lebih memuaskan. Bodi mobil bisa lebih bersih dan kualitas catnya pun jadi tetap terjaga.

  1. Bilas Bodi Sampai Bersih

Setelah selesai mencuci mobil maka Anda harus membilasnya sampai bersih. Proses pembilasan ini seringkali dilakukan asal-asalan. Akibatnya, masih banyak sisa sabun tertinggal dan akhirnya berubah menjadi kerak. Lebih baik lakukan pembilasan secara cermat dan gunakan air bersih saat membilas.

BACA JUGA :  3 LANGKAH SEDERHANA MENGURANGI KECANDUAN GADGET PADA ANAK

Setelah proses bilas, Anda bisa langsung mengeringkan bodi mobil. Kembali lagi ke poin sebelumnya, pakailah lap kain yang lembut dan bersih saat proses pengeringan ini. Jangan menjemur mobil di bawah sinar matahari selama mengeringkan bodi mobil setelah dicuci.

Beli Shampo Mobil di Blibli

Jika ingin memiliki mobil yang bersih dan terawat, maka sangat disarankan untuk mencucinya secara rutin. Mencuci mobil berapa kali dalam sebulan? Tergantung pemakaian dan keinginan pemiliknya. Poin pentingnya adalah melakukan pencucian secara berkala demi menjaga kebersihan mobil tersebut.

Anda bisa membeli produk shampo mobil yang berkualitas di e-commerce Blibli. Blibli menyediakan banyak pilihan produk shampo yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bodi mobil secara menyeluruh. Pastikan untuk memilih tipe shampo yang tepat dan jangan lupa cari penawaran harga terbaik agar Anda bisa lebih hemat berbelanja.

Terapkan cara mencuci mobil yang telah dibahas di sini untuk mendapatkan mobil yang bersih dan terawat. Jangan lupa, belanja produk shampo mobil berkualitas terbaik hanya di Blibli. Luangkan waktu untuk mencuci mobil Anda secara berkala agar lebih nyaman saat digunakan dan membuat Anda lebih percaya diri ketika berkendara. (red)