TRADISI SAMBATAN DI DESA JOMBLANG JEPON

Jepon – Kuatnya rasa kebersamaan pada masyarakat desa di Blora terwujud dengan adanya kegiatan Sambatan. Sambatan merupakan kegiatan gotong royong sukarela untuk membantu terlaksananya sebuah pekerjaan besar.

Dalam kegiatan sambatan, pemilik rumah hanya perlu menyediakan makanan sekedarnya untuk warga yang sedang bekerja. Namun, si pemilik rumah juga harus siap membantu warga lain jika suatu saat tenaganya dibutuhkan.

 

Warga Desa Jomblang RT 03 RW 02 Kecamatan Jepon melaksanakan Sambatan mendirikan rumah, Minggu (31/12).

 

Puluhan warga Desa Jomblang RT 03 RW 02 Kecamatan Jepon melaksanakan sambatan mendirikan rumah milik salah sorang warga, Minggu (31/12). Tak hanya warga, sejumlah anggota Koramil 02 Jepon yang dipimpin Serda Basuki ini turut serta membantu pendirian rumah ini.

“Ini merupakan tradisi turun-temurun masyarakat kita, gotong royong. Warga bersama anggota Koramil Jepon bahu-membahu dalam sambatan ini,” jelas Kades Jomblang Wawan Heri Subakir. Kades mengapresiasi kesediaan para anggota TNI ini dalam membantu sambatan bedah rumah tersebut.

Seperti diketahui, gotong royong secara sukarela menjadi tradisi masyarakat di tanah air, utamanya masyarakat yang tinggal di pedesaan. Di Yogyakarta, gotong royong semacam ini dikenal dengan nama Gugur Gunung.

Di Bangkalan Madura, dikenal dengan nama Song-osong Lombhung, di Bali dikenal dengan nama Ngayah, sedangkan di Nusa Tenggara Timur dikenal dengan nama Pawoda.

Masyarakat Papua mengenalnya dengan nama Helem Foi Kenambai Umbai, masyarakat Ternate Maluku Utara mengenalnya dengan istilah Bari. Di Padang Pariaman Sumatera Barat dkenal dengan nama Hoyak Tabuik sedangkan d Sumatera Utara dikenal dengan nama Siadapari.

Penyunting : Achmad Niam Djamil

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.