TUNJANG GIZI KELUARGA, RIBUAN BIBIT BUAH DITANAM




Banjarejo- Ribuan bibit buah pisang dan pepaya ditanam para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Tujuan jangka panjang kegiatan ini, untuk memenuhi gizi keluarga.

Ketua panitia aksi tanam 1000 pohon, Sri Murniati mengungkapkan, tiap KPM menanam 5 bibit pohon di lahan yang mereka punya. Terdiri atas, 2 bibit pisang ulin dan 3 bibit pepaya california. Uniknya, KPM sendiri yang berinisiatif melaksanakan tanam tersebut.

 

Ketua panitia aksi tanam 1000 pohon, Sri Murniati

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Banjarejo dalam aksi tanam 1000 Pohon untuk Anak Kita.

 

“Kegiatan ini bermula dari diskusi pendamping PKH dengan KPM pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bulan kemarin,” terang Sri Murniati di lokasi kegiatan, Desa Buluroto Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Sabtu (09/02).

Sri Murniati menambahkan, sebanyak 235 KPM tersebut pun berinisiatif memenuhi kebutuhan gizi keluarga dengan menanam buah-buahan, setelah pencairan bantuan tahap pertama tahun 2019. Buah yang dipilih adalah pepaya dan pisang.

“Warga setempat sangat antusias. Bahkan, banyak warga yang bukan KPM ingin nempil (membeli, red) bibit tersebut,” imbuhnya.

Pemdes Buluroto Kecamatan Banjarejo mengapresiasi aksi tanam pohon buah yang diinisiasi KPM tersebut. Pasalnya, selain dalam jangka panjang akan memebuhi kebutuhan gizi, langkah ini juga sebagai bentuk pemanfaatan lahan kosong.

“Kami berharap, banyak warga yang semakin termotivasi dengan kegiatan ini. Sayang sekali jika lahan di pekarangan rumah tidak dimanfaatkan. Maka, kami sangat mendukung kegiatan ini,” ujar Kades Buluroto, Margono. (Nung)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.