fbpx

TUNJUNGAN, SATU DESA DENGAN TIGA TEMPAT WISATA

  • Bagikan
Kawasan Wana Wisata Cemoro 7 di Desa Tunjungan.

Tunjungan – Dua obyek wisata baru di Desa Tunujungan diresmikan baru-baru ini. Dengan demikian, Desa Tunjungan secara resmi memiliki tiga obyek wisata yang siap memanjakan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tiga obyek wisata tersebut antara lain Waduk Greneng, Agrowisata Kampung Durian Nglawungan dan Wana Wisata Cemoro Pitu.

Obyek Wisata Waduk Greneg membentang seluas 4,5 hektar dan menjadi sandaran utama air pertanian untuk lahan seluas 291 hektar yang berada di sekelilingnya.

 

Kawasan Wana Wisata Cemoro 7 di Desa Tunjungan.

 

Bagi para penggemar aktivitas memancing, melempar joran di Waduk Greneng dapat menjadi kegiatan mingguan yang sangat menyenangkan. Tidak hanya di tanggul tepi waduk, para pemancing juga dapat melempar joran di tengah waduk dengan perahu yang disewakan untuk itu.

Agrowisata Kampung Durian Nglawungan berada tak jauh dari Waduk Greneng. Di sini, wisatawan dapat menikmati kelezatan Durian Bawor yang dibudidayakan oleh Perhutani KPH Blora. Durian bawor dikenal memiliki kulit tipis, berbiji kecil, daging buah yang tebal serta rasa yang lezat.

Sedangkan obyek wisata terbaru adalah Wana Wisata Cemoro Pitu yang terletak di tepi Waduk Greneng. Popularitas obyek wisata ini tak lepas dari inisiatif Karang Taruna setempat dan Perhutani KPH Blora.

Dua komunitas yang mengenalkan Wana Wisata Cemoro 7 di jejaring sosial media adalah Pramuka Saka Wanabakti dan komunitas penjelajah Kandang Pendaki.

Di Cemoro 7 terdapat banyak pohon yang berjodoh (jaraknya berdekatan), bisa dipasang piramida hammock (buaian) sampai sepuluh susun. Di malam hari, pengelola memperbolehkan wisatawan menyalakan api unggun, dengan catatan api yang dibuat tidak terlalu besar dan segera dipadamkan setelah selesai camping.

Hari Jumat (02/02), Bupati Blora diwakili wabup Arief Rohman meresmikan Wana Wisata Cemoro 7 dengan menandatangani prasasti di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Arief Rohman kembali mengingatkan bahwa Pemkab Blora telah menganggarkan biaya sebesar Rp 5,5 miliar untuk peningkatan jalan Maguan-Tunjungan.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan tersedianya akses jalan yang layak menuju tiga kawasan wisata tersebut.

Penyunting : Alifiyanto Adhi

  • Bagikan