fbpx

TUTUP BULAN SURO DENGAN PENTAS BARONGAN

Warga Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora menutup Bulan Suro (Muharram) dengan pentas barongan. Sebanyak lima barongan dipentaskan bersamaan di pertigaan RT 04 RW 01 Tambahrejo, Selasa (30/8). 
Penampilan barongan dalam penutupan Bulan Suro.

Blora, BLORANEWS – Warga Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora menutup Bulan Suro (Muharram) dengan pentas barongan. Sebanyak lima barongan dipentaskan bersamaan di pertigaan RT 04 RW 01 Tambahrejo, Selasa (30/8). 

Lurah Tambahrejo, Marthin Ukie Andhana mengatakan, menutup Bulan Suro merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Untuk menghibur warga yang kangen kesenian barongan karena dua tahun tidak digelar sebab pandemi. 

BACA JUGA :  5 KESENIAN KHAS KABUPATEN BLORA

“Sebelum tampil menghibur warga, kelima barongan ini diarak keliling kampung, agar seluruh masyarakat bisa menyaksikan. Setelah itu baru kita pentaskan beberapa jam di sini (pertigaan),” ujarnya. 

Ukie menambahkan, kesenian barongan Wiro Singo Anom warga Tambahrejo ini sebelumnya juga ditampilkan untuk menyemarakkan HUT kemerdekaan ke 77 RI. Selain itu, kesenian barongan ini juga rutin ditampilkan pada malam kegiatan sedekah bumi desa. 

BACA JUGA :  5 KESENIAN KHAS BLORA YANG BIASA MEWARNAI MOMEN SEDEKAH BUMI

“Sebelum malam ini juga kesenian ini telah menghibur warga. Baik saat menyambut HUT kemerdekaan dan kegiatan sedekah bumi. Cuma ini kali ini bedanya ada 5 barongan yang kita tampilkan. Karena kita baru saja dapat tambahan dua barongan milik Polres Blora” terangnya. (Jam).