fbpx

UCAPAN LEBARAN BLORA YANG SESUAI DENGAN KEARIFAN LOKAL

Pagi, Senin (9/5) ini merupakan pagi ke delapan seusai lebaran Idul Fitri 1443 hijriah atau 2022 masehi. Ketupat tersaji rapi siap santap. Lepet juga tak ketinggalan disuguhkan pada tradisi tahunan ini.
Sajian ketupat siap santap.

Blora, BLORANEWS – Bagi kaum muslimin, ucapan lebaran menjadi tradisi paten di hari raya Idul Fitri. Dan bagi kalian yang kebingungan merangkai ucapan lebaran, berikut bloranews rangkumkan beberapa contoh ucapan lebaran yang sesuai dengan kearifan lokal Blora.

1. “Sugeng Riyo Idul Fitri. Minal ‘Aidin Wal Faizin. Ngapunten sedoyo lepat lan khilaf.”

Artinya: “Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Maafkan semua kesalahan dan khilaf.”

2. “Lebaran taun iki, mari sedulur-sedulur Blora ngalap berkah lan pangapunten. Mugio Allah SWT paringono ampunan lan kersaning margi.”

Artinya: “Lebaran tahun ini, mari saudara-saudara Blora mencari berkah dan ampunan. Semoga Allah SWT memberikan ampunan dan ridhonya.”

3. “Kulo nyuwun pangapunten lahir lan batin marang sedoyo sedulur Blora. Sugeng Riyo Idul Fitri, mugio kita tansah pinaringan kasehatan lan kebahagiaan.”

Artinya: “Saya mohon maaf lahir dan batin kepada semua saudara Blora. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.”

4. “Lebaran Blora taun iki akeh sing mulih kampung. Ayo kumpul bareng keluarga lan sedulur, ngramekke Lebaran kanthi guyub rukun.”

Artinya: “Lebaran Blora tahun ini banyak yang mudik kampung. Ayo kumpul bersama keluarga dan saudara, ramaikan Lebaran dengan penuh kebersamaan.”

5. “Lebaran Blora ora lengkap tanpa tradisi padusan lan nyadran. Mari lestarikan budaya apik Blora iki.”

Artinya: “Lebaran Blora tidak lengkap tanpa tradisi padusan dan nyadran. Mari lestarikan budaya apik Blora ini.”

6. “Sugeng Riyo Idul Fitri. Minal ‘Aidin Wal Faizin. Mugio Lebaran taun iki membawa berkah lan kebahagiaan kanggo sedoyo warga Blora.”

Artinya: “Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga Lebaran tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi semua warga Blora.”

7. “Lebaran Blora taun iki istimewo amarga biso kumpul bareng keluarga lan sedulur sing adoh-adoh. Ayo manfaatkan momen iki kanggo silaturahmi lan nguatno tali persaudaraan.”

Artinya: “Lebaran Blora tahun ini istimewa karena bisa kumpul bersama keluarga dan saudara yang jauh-jauh. Ayo manfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan.”

8. “Lebaran Blora taun iki dadi pengingat kanggo tansah ngapunten lan ngelakoni amal apik. Mugio Allah SWT paringono kefitrahan lan kasejahteraan marang kita kabeh.”

Artinya: “Lebaran Blora tahun ini menjadi pengingat untuk selalu memaafkan dan melakukan amal baik. Semoga Allah SWT memberikan kesucian dan kesejahteraan kepada kita semua.”

Catatan:

Ucapan-ucapan di atas menggunakan bahasa Jawa yang mudah dipahami oleh orang Blora.

Ucapan-ucapan tersebut juga mengandung nilai-nilai kearifan lokal Blora, seperti tradisi padusan dan nyadran.

Anda dapat memilih ucapan yang paling sesuai dengan situasi dan hubungan Anda dengan orang yang ingin Anda tuju.

Contoh Penggunaan:

Anda dapat menggunakan ucapan-ucapan di atas untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada keluarga, teman, atau tetangga Anda di Blora.

Anda juga dapat menggunakan ucapan-ucapan tersebut dalam unggahan media sosial Anda untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Semoga bermanfaat!

Redaksi