ULAR SANCA 3 METER DITANGKAP WARGA NGAWEN

Ngawen- Ular sanca sepanjang 3 meter berhasil ditangkap warga Kelurahan Ngawen RT 01 RW 04 Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Sebelumnya, seekor ayam milik warga setempat dimangsa ular jenis pythonidae tersebut.

Ular sanca tersebut ditangkap warga di liangnya, dekat sungai kawasan Kelurahan Ngawen, belakang pemukiman warga, sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi. Tak pelak, binatang melata yang mampu membelit mangsanya hingga tewas ini segera menjadi tontonan warga.

 

Ular sanca sepanjang 3 meter ditangkap warga Kelurahan Ngawen RT 01 RW 04 Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora

Ular sanca sepanjang 3 meter ditangkap warga Kelurahan Ngawen RT 01 RW 04 Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora

 

“Ular tersebut keluar dari liangnya. Satu ayam mati, dan satunya sudah dimangsa ular itu,” terang Ella (30), warga setempat yang sempat menyaksikan kejadian tersebut.

Menurut Ella, bukan kali ini saja warga di lingkungan tersebut menangkap ular pemangsa jenis sanca ini. Sebelumnya, warga juga pernah menangkap ular pemangsa semacam ini, namun ukurannya jauh lebih kecil.

“Dulu sudah pernah ada. Tapi yang sebesar ini baru kali ini. Sekarang, ularnya disimpan di rumah Pak Hari, tetangga saya,” pungkasnya.

Berdasarkan pengamatan sekilas, ular sanca sepanjang 3 meter yang berhasil ditangkap warga tersebut merupakan jenis ular Sanca Kembang. Spesies ini memiliki nama latin Malayopython reticulatus. Selain untuk mencari makan, ular tersebut keluar dari liangnya untuk berreproduksi.

Berdasarkan keterangan dari laman Reptile-Database, musim kawin ular jenis ini berlangsung antara bulan September hingga Maret. Ciri khas yang membedakan antara spesies ini dengan spesies piton lainnya adalah pada motif sisik. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan