UNIK, RAYAKAN HUT RI DENGAN JAMBEAN DI ATAS AIR

BloraSeperti perayaan kemerdekaan di daerah lain, Berbagai lomba digelar di Desa Bangkle Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora. Salah satunya, lomba panjat pinang atau bagi warga Blora dikenal dengan istilah Jambean.

 

Warga Desa Bangkle Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora menggelar jambean (semacam panjat pinang, red) di atas air dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI ke- 74

Warga Desa Bangkle Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora menggelar jambean (semacam panjat pinang, red) di atas air dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI ke- 74

 

Uniknya, jambean di desa ini dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terkesan unik, serta tampak lain dari yang lain. Warga membuat jambean di atas air, tiang jambean digantung sehingga membuat lomba ini semakin menantang.

“Tiang jambean, kami buat dari batang pohon pisang setinggi 4 meter lebih. Digantung pada tiga batang bambu yang didesain seperti tripod, jadinya goyang-goyang saat dipanjat. Ini yang membuat jambean semakin menantang,” terang panitia jambean, Bagus (19) di lokasi jambean, lahan kosong milik warga di lingkungan RT 05 RW 05 Bangkle, Senin (19/08).

Menurut Bagus, lomba jambean di atas air ini sudah tiga kali dilaksanakan. Panitia mendesain jambean semacam ini bukan tanpa alasan. Salah satu tujuannya, jika peserta jatuh saat memanjat, maka akan jatuh di air sehingga mengurangi dampak cedera.

“Bagian bawah tiang jambean, berupa kolam berisi air setinggi perut orang dewasa. Jadi, kalau jatuh tidak terjadi cedera parah. Kolamnya kita isi sampai penuh, sejak seminggu sebelumnya,” imbuh Bagus.

Tak pelak, lomba unik ini diikuti warga setempat dengan antusias. Sebanyak 6 kelompok mengikuti lomba ini, dimana tiap kelompok terdiri atas tiga pria pemanjat. Permukaan batang pisang yang licin membuat perjuangan pemanjat semakin tidak mudah.

“Ya unik, menarik, dan meriah. Mungkin cara jambean ini mungkin hanya ada di Bangkle. Anak-anak di sini memang kreatif,” komentar warga setempat, Yanti (42). (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan