fbpx

URI-URI BUDAYA, WARGA KARANGTENGAH GELAR PEMENTASAN KENTRUNG

Dalam rangka Nguri-uri Budaya sekaligus menyambut tahun baru hijriyah, warga Desa Karangtengah, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora gelar acara pementasan kentrung pada Sabtu malam, (30/7/2022).
Pementasan Seni Kentrung di Desa Karangtengah, Kecamatan Ngawen, Blora.

Ngawen, BLORANEWS – Dalam rangka Nguri-uri Budaya sekaligus menyambut tahun baru hijriyah, warga Desa Karangtengah, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora gelar acara pementasan kentrung pada Sabtu malam, (30/7/2022).

Pementasan ini merupakan inisiasi dari warga Karangtengah. Pementasan juga terlihat kian menarik lantaran digelar di warung kopi setempat. Tepatnya di warung pinggir kali Karangtengah.

BACA JUGA :  SEDEKAH BUMI : BAKTI MASYARAKAT BLORA UNTUK KELESTARIAN BUDAYA

“Proses acara tersebut bermula saat semua pelanggan warung kopi ingin membuat rencana melekan (Red, membuka mata). Kemudian disepakati untuk menghadirkan kesenian kentrung,” jelas Pak Win selaku pihak penyelenggara.

Adapun yang terlibat dalam acara tersebut ialah seluruh warga Desa Karangtengah. Utamanya para warga yang memiliki sawah disebelah timur Jembatan Karangtengah.

Terlihat, para warga yang hadir dalam perhelatan sangat menikmati irama sendu tabuh timlung dalam seni kentrung. Seperti halnya yang diungkapkan warga setempat bernama Maryono.

BACA JUGA :  REFLEKSI AKHIR TAHUN, KUNTUL NGANTUK AJAK PEMUDA BANGGA DENGAN DAERAHNYA

“Seneng banget mas. Selain buat melekan (Red, Buka mata), juga untuk nguri-uri kabudayan jawa yang cuma ada di Blora ini,” tegas Maryono. (*).