URUS E-KTP TAK PERLU BAWA SURAT PENGANTAR RT DAN DESA/KELURAHAN

Blora – Proses pengurusan KTP Elektronik menjadi semakin mudah. Pasalnya, pemohon tak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT/RW/Kelurahan/Kecamatan untuk mengurusnya. Pemohon yang telah memenuhi syarat dan membawa fotokopi KK dapat melakukan perekaman.

Kebijakan ini dituangkan melalui Peratura Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018, yang diteken Presiden Jokowi, pada Selasa 16 Oktober lalu. Perpres tersebut mengatur tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil.

Satu-satunya data administrasi kependudukan yang membutuhkan surat pengantar dari RT/RW adalah pencatatan biodata penduduk. Namun pengurusan dokumen ini, tidak diperlukan jiwa penduduk tersebut telah memiliki NIK.

Hal ini diatur dalam Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Bab 2 Pasal 4 tentang persyaratan pelaporan Biodata Penduduk.

 

Perpres Nomor 96 Tahun 2018

Perpres Nomor 96 Tahun 2018

 

Di Blora, Kebijakan Ini Telah Lama Diterapkan

Sementara itu, Kabid Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora, Agus Listiyono mengatakan kebijakan seperti yang diatur dalam Perpres Nomor 96 Tahun 2018 itu telah lama diterapkan di Blora. Langkah ini diambil untuk memudahkan warga mengurus KTP elektronik.

“Kita sudah melaksanakan sejak lama. Ada yang bawa fotokopi KK dan surat pengantar, kita layani. Hanya bawa fotokopi KK saja, tidak pernah kita tolak,” ungkapnya, Kamis (08/11).

Agus mengatakan, banyak pemohon yang kesulitan menghubungi RT/RW hanya untuk mendapatkan selembar surat pengantar. Di sisi lain, kapastias RT/RW yang tidak sama, membuat proses ini cukup melelahkan bagi pemohon.

“Prinsipnya, jika telah berusia 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin dan dan membawa fotokopi Kartu Keluarga, akan direkam. Kalau untuk cetaknya, ya nunggu blanko,” pungkasnya. (hud)

 

Download Perpres No. 96 Tahun 2018  

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.