USAI MELAHIRKAN, SAPI DI NGAWEN MATI MENDADAK

Ngawen- Seekor sapi milik Siti Rofiah (26) warga Desa Karangtengah RT 02 RW 01 Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora mati mendadak usai melahirkan. Beruntung, meski induknya mati, bayi sapi tersebut berhasil lahir dengan selamat.

 

Sapi milik Siti Rofiah (26) mati mendadak usai melahirkan

 

“Setelah lahiran, induk sapi masih sempat membersihkan anaknya. Ari-arinya belum sempat keluar. Mendadak, induk sapi jatuh dan kakinya kejang-kejang dan langsung mati,” terang Siti Rofiah, Jumat (13/12).

Menurut Rofik (sapaan Siti Rofiah, red), tidak ada tanda-tanda sakit atau pun mengkonsumsi pakan yang tak wajar sebelum kematian. Tak ayal kematian sapi tersebut sempat mengagetkan seluruh anggota keluarga mengingat sebelumnya tidak terjadi sesuatu yang aneh.

“Sempat kaget dan ga percaya. Semula sehat kok tiba-tiba mati. Ini sudah kita kuburkan. Mungkin sudah takdirnya,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakikan) Kabupaten Blora, Gundala Wijasena mengaku tidak dapat memperkirakan penyebab kematian sapi tersebut. Mengingat, informasi jejak rekam sapi mati tersebut sangat terbatas.

“Sapi mati bisa karena banyak hal. Bisa karena mengkonsumsi pakan yang mengandung racun, atau sebab lainnya. Biasanya, sapi kembung jika diberi makan nasi kemudian mati. Jadi, kita tidak bisa menjawab kenapa mati,” terangnya. (cdr)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.