fbpx

WARGA DUKUH NGAMPON DESA BERAN ADAKAN PELATIHAN TATA BAHASA JAWA

Pelatihan Tata Bahasa Jawa di Dukuh Ngampon Desa Beran Kecamatan Blora Kota, Senin (09/04) malam.

Blora – Guna melestarikan Bahasa Jawa, warga Dukuh Ngampon Desa Beran mengadakan pelatihan Tata Bahasa Jawa. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pekan Rojabiyah di desa tersebut, Senin (09/04).

 

Pelatihan Tata Bahasa Jawa di Dukuh Ngampon Desa Beran Kecamatan Blora Kota, Senin (09/04) malam.

 

Ketua panitia Dalhar Muhammadun berharap melalui pelatihan Tata Bahasa Jawa ini, dapat menciptakan kesantunan dalam pendidikan pemuda.

“Kami berharap, para pemuda dapat berbahasa jawa secara benar dan santun. Sekaligus, Nguri-uri budoyo jowo kang badhe sirno,” paparnya.

Pelatihan Tata Bahasa Jawa di Dukuh Ngampon Desa Beran ini dipandu oleh Kyai Sodiq Abdul Hayyi, biasa dikenal dengan sebutan Mbah Sodiq Merah.

Mbah Sodiq Merah merupakan salah satu budayawan Blora yang mahir berbahasa jawa kromo. Puluhan pemuda desa setempat, dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Salah satu peserta pelatihan, Erika Nurmalasari mengaku, pelatihan Tata Bahasa Jawa ini sangat penting.

“Adanya kegiatan pelatihan bahasa jawa, kita dapat berbahasa Jawa dengan benar dan santu kepada teman sebaya, orang tua, dan masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan Pekan Rojabiyah ini, panitia tak hanya mengadakan pelatihan Tata Bahasa Jawa saja. Panitia juga mengagendakan pelatihan tahlil untuk para pemuda dan masyarakat umum.

“Dewasa ini, tradisi tahlil mulai terkikis. Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Pekan Rojabiyah ini, panitia bekerja sama dengan Fatayat NU Desa Beran,” pungkas Dalhar Muhammadun.

Reporter : Syaiful Huda