WARGA TODANAN MENANGKAN LOMBA DURIAN TINGKAT KABUPATEN BLORA

Jepon – Para juara Festival Durian Varietas Lokal dipastikan akan mewakili Kabupaten Blora dalam Lomba Durian tingkat Provinsi Jawa Tengah bulan depan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Reni Miharti.

 

Para juara Festival Durian Varietas Lokal Kabupaten Blora menerima trofi dan hadiah, Selasa (20/02).

 

“Yang menang nanti akan kita kirim untuk mengikuti lomba Durian tingkat Provinsi Jawa Tengah di Solo, 3-4 Maret mendatang,” terang Reni, Selasa (20/02).

Selain itu, para juara juga mendapatkan trofi dan uang pembinaan dan bibit Durian hasil persilangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Hadir dalam festival ini Bupati Blora Djoko Nugroho, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Ryzadly diwakili Kasdim 0721 Blora Mayor Kav Hyasintus Waleng, Kapolres Blora AKBP Saptono, Sekda Blora Bondan Sukarno dan Asisten 2 Sekda Blora Slamet Pamudji.

Sebanyak 20 peserta mengikuti fesitival ini. Masing-masing peserta menampilkan Durian terbaik dengan kriteria yang telah ditentukan oleh tim penilai dari BPTP Jawa tengah.

“Kita nilai dari beberapa kategori. Rasa memiliki bobot 30 persen, lainnya kami nilai dari segi bentuk buah, ukuran, ketebalan daging, ketebalan bijinya dan warna,” jelas Tim Penilai dari BPTP Jawa Tengah Afrizal.

Berikut ini para juara Festival Durian Varietas Lokal tingkat Kabupaten Blora tahun 2018.

Juara I Durian Pancur milik Yudi dari Desa Kacangan Kecamatan Todanan.
Juara II Durian Mrico milik Suwignyo dari Desa Karangjong Kecamatan Ngawen.
Juara III Durian Komet milik Harsono dari Desa Karangjong Kecamatan Ngawen.
Juara Favorit Durian milik Pribadi (nama orang) dari Kecamatan Japah.

Buah Durian diharapkan dapat menjadi buah unggulan Kabupaten Blora. Saat ini luas keseluruhan kebun Durian di Kabupaten Blora mencapai lebih dari lima puluh hektar yang tersebar di sejumlah kawasan. Diantaranya di Kecamatan Tunjungan, Todanan, Japah, Ngawen, Kunduran dan Jepon.

Penyunting : Achmad Niam Djamil

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.